KURIKULUM PGMI


Jurusan                     :  Kependidikan Islam

Program Studi :  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

 

  1. A.    VISI

 

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, kompetitif, dan professional dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu keguruan pada jenjang MI/SD dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan kemanusiaan. 

 

  1. B.     MISI

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning  dalam rangka quality assurance;
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan;
  3. Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika;
  4. Mengembangkan pengabdian,jejaring,dankemitraan, dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional;
  5. Melaksanakan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders.

 

  1. C.    TUJUAN

 

Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki:

  1. Kompetensi Pedagogik:

Menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum,  memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran  MI/SD

  1. Kompetensi Kepribadian:

Memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru

MI/SD

  1. Kompetensi Sosial:

Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang MI/SD;

  1. Kompetensi Profesional:

Menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang MI/SD.

 

  1. D.                STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

  1. Menguasai teori keguruan pada jenjang MI/SD
  2. Memiliki sikap, dan keterampilan keguruan untuk mengembangkan proses pendidikan di MI/SD  
  3. Mengapresiasi dan menghasilkan karya bidang keguruan MI/SD yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan.
  4. Memiliki keterampilan dalam mengembangkan pembelajaran pada jenjang MI/SD

 

  1. E.     STRUKTUR  KURIKULUM

 

Satuan kredit semester (sks) yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berjumlah 158 sks. Susunan struktur kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas: 1. Kompetensi Mata Kuliah; 2. Distribusi Mata Kuliah; 3. Deskripsi Mata Kuliah; 4. Silabi dan 5. Satuan Acara Perkuliahan (SAP).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 1.      KELOMPOK KOMPETENSI MATA KULIAH

 

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

KOMPETENSI

KET

Utama

Pendukung

Lain

 

 

KE-ISLAM-AN

 

 

 

 

 

1

QUR 4044

Tafsir

2

 

ü   

 

 

2

HAD 4006

Hadits

2

 

ü   

 

 

3

SAR 4005

Fiqh Ibadah

2

 

ü   

 

 

4

SAR 4080

Fiqh Muamalah

2

 

ü   

 

 

5

AKI 3004

Aqidah Akhlak

2

 

ü   

 

 

6

SEJ 3017

Sejarah Peradaban Islam

2

 

ü   

 

 

7

SAG 3053

Pengantar Studi Islam

2

 

ü   

 

 

8

SAR 5054

Praktik Ibadah

0

 

ü   

 

 

9

QUR 5033

Praktik Qira’at

0

 

ü   

 

 

 

 

Jumlah

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENUNJANG

 

 

 

 

 

10

DIK 4069

Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

ü   

 

 

11

INF 3005

Aplikasi Komputer

0

 

ü   

 

 

 

 

Jumlah

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEBAHASAAN

 

 

 

 

 

12

BHS 3007

Bahasa Indonesia

2

 

ü   

 

 

13

BHS 3131

Bahasa Arab I

2

 

ü   

 

 

14

BHS 4131

Bahasa Arab II

2

 

ü   

 

 

15

BHS 3008

Bahasa Inggris I

2

 

ü   

 

 

16

BHS 4008

Bahasa Inggris II

2

 

ü   

 

 

 

 

Jumlah

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEPENDIDIKAN

 

 

 

 

 

17

DIK 4073

Pengantar Ilmu Pendidikan

2

 

ü   

 

 

18

PSI 4092

Psikologi Perkembangan Anak SD

2

 

ü   

 

 

19

 PSI 4093

Psikologi Umum & Perkembangan

2

 

ü   

 

 

20

DIK 5182

Bimbingan Konseling di MI/SD

2

 

ü   

 

 

21

DIK 4172

Pengembangan Profesi Keguruan

2

 

ü   

 

 

22

DIK 3027

Ilmu Pendidikan Islam

2

 

ü   

 

 

23

DIK 3023

Filsafat Pendidikan

2

 

ü   

 

 

24

DIK 5076

Pengembangan Kurikulum

2

 

 

 

 

25

DIK 4002

Administrasi Supervisi Pendidikan

2

 

ü   

 

 

26

DIK 5013

Evaluasi Pembelajaran

2

 

ü   

 

 

27

DIK 5162

Perencanaan Pembelajaran

2

 

ü   

 

 

28

DIK 5104

Strategi Pembelajaran

2

 

ü   

 

 

29

TEK 5010

Media dan Teknologi Pembelajaran

2

 

ü   

 

 

30

ABI 5022

Met. Penelitian Pendidikan

2

 

ü   

 

 

 

 

 

 

 

Utama

Pendukung

Lain

 

31

STA 5013

Statistik Pendidikan

2

 

ü   

 

 

32

DIK 3100

Sejarah Pendidikan Islam

2

 

ü   

 

 

 

 

 

32

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INTI  PROGRAM STUDI

 

 

 

 

 

33

BHS 3150

Keterampilan Berbahasa I

3

ü  

 

 

 

34

BHS 4150

Keterampilan Berbahasa II

3

ü  

 

 

 

35

BHS 4189

Kebahasaan (Morfologi & Sintaksis)

2

ü  

 

 

 

36

DIK 5201

Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD

2

ü  

 

 

 

37

BHS 4188

Apresiasi Bhs. Dan Sastra Indonesia

2

ü  

 

 

 

38

DIK 3169

Konsep Dasar IPS dan PKN

2

ü  

 

 

 

39

 

Pendidikan IPS di MI/SD

2

ü  

 

 

 

40

DIK 4183

Pendidikan PKn di MI/SD

2

ü  

 

 

 

41

FIL 3063

Filsafat Pancasila

2

ü  

 

 

 

42

DIK 5185

Pembelajaran IPS dan PKn di MI/SD

2

ü  

 

 

 

43

DIK 4102

Sosiologi dan Antropologi

2

ü  

 

 

 

44

SEJ 3075

Sejarah dan Geografi

2

ü  

 

 

 

45

TEK 3009

Konsep Dasar Sains

2

ü  

 

 

 

46

DIK 5170

Pendidikan Sains di MI/SD

3

ü  

 

 

 

47

DIK 4179

Pendidikan Lingkungan di Mi/SD

2

ü  

 

 

 

48

DIK 5186

Pembelajaran Tematik

2

ü  

 

 

 

49

DIK 5170

Pembelajaran Sains di MI/SD

3

ü  

 

 

 

50

DIK 4171

Konsep Dasar Matematika

3

ü  

 

 

 

51

DIK 4180

Matematika I

3

ü  

 

 

 

52

DIK 5180

Matematika II

3

ü  

 

 

 

53

DIK 5188

Pembelajaran Matematika di MI/SD

3

ü  

 

 

 

54

DIK 5189

Pembelajaran  Al Qur’an Hadist di MI/SD

2

ü  

 

 

 

55

DIK 5190

Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI/SD

2

ü  

 

 

 

56

DIK 5191

Pembelajaran SKI di MI/SD

2

ü  

 

 

 

57

DIK 5192

Pembelajaran Fiqih di MI/SD

2

ü  

 

 

 

58

PSI 3073

Psikologi Agama

2

ü  

 

 

 

59

DIK 6181

Telaah Kurikulum MI/SD

2

ü  

 

 

 

60

DIK 5192

Penilaian Berbasis Kelas

2

ü  

 

 

 

61

DIK 5072

Penelitian Tindakan Kelas

2

ü  

 

 

 

62

ABI 3012

Kepramukaan

2

ü  

 

 

 

63

DIK 6092

Praktek Pengajaran Mikro (PPL I)

2

ü  

 

 

 

64

ABI 5039

Seminar Proposal

0

ü  

 

 

 

 

 

 

 

Utama

Pendukung

Lain

 

65

DIK 6093

Pengembangan Profesi Keguruan Terpadu (PPKT)

6

ü  

 

 

 

66

 

Ujian Komprehensif

0

ü  

 

 

 

67

ABI 9042

Skripsi

6

ü  

 

 

 

 

 

Jumlah

82

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KONSENTRASI Bhs. INDO.

 

 

 

 

 

1

 

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MI/SD

2

ü  

 

 

 

2

 

Pendekatan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MI/SD

2

ü  

 

 

 

3

 

Pembelajaran Kebahasaan Bhs Indonesia di MI/SD

3

ü  

 

 

 

4

 

Pembelajaran Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia di MI/SD

3

ü  

 

 

 

5

 

Pembelajaran Pengunaan Bahasa dan Sastra Indonesia di MI/SD

2

ü  

 

 

 

6

 

Kajian Kurikulum KTSP dan BUku Teks Bahasa Indonesia di MI/SDX

2

ü  

 

 

 

7

 

Pembelajaran ApresiasiSastra di MI/SD

2

ü  

 

 

 

8

 

Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MI/SD

2

ü  

 

 

 

 

 

Jumlah

18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KONSENTRASI  IPS & PKN

 

 

 

 

 

1

 

Pendidikan Kewarganegaraan

3

ü  

 

 

 

2

 

Sosaiologi dan Antropologi

3

ü  

 

 

 

3

 

Geografi dan Lingkungan Hidup

3

ü  

 

 

 

4

 

Ekonomi dan Sumber Daya

3

ü  

 

 

 

5

 

Sejarah Indonesia dan Dunia

3

ü  

 

 

 

6

 

Perspektif Studi Sosial

3

ü  

 

 

 

 

 

Jumlah

18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KONSENTRASI SAINS

 

 

 

 

 

1

 

Konsep Dasar Sains Lanjutan I

3

ü  

 

 

 

2

 

Konsep Dasar Sains Lanjutan II

3

ü  

 

 

 

3

 

Konsep Dasar Bumi Antariksa di MI/SD

3

ü  

 

 

 

4

 

Pengelolaan Lab. IPA

3

ü  

 

 

 

5

 

Konsep Saintek Berbasis Masyarakat

3

ü  

 

 

 

6

 

Gizi dan Makanan

3

ü  

 

 

 

 

 

Jumlah

18

 

 

 

 

 

 

 

 

Utama

Pendukung

Lain

 

 

 

KONSENTRASI MATEMATIKA

 

 

 

 

 

1

 

Bilangan

3

ü  

 

 

 

2

 

Statistik dan Peluang

3

ü  

 

 

 

3

 

Geometri dan Pengukuran

3

ü  

 

 

 

4

 

Kapita Selekta Matematika

3

ü  

 

 

 

5

 

Pemecahan Masalah Matematika

3

ü  

 

 

 

6

 

Aljabar

3

ü  

 

 

 

 

 

Jumlah

18

 

 

 

 

 

 

Jumlah total sks dengan salah satu kelompok konsentrasi

158

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: