Modul Bahasa Arab : PLPG IAIN Raden Intan Lampung 2012


Modul 1
اسما المعرفة والنكرة فى الجملة الاسمية
(Isim Ma’rifah dan Nakirah dalam Jumlah Ismiyyah)

* Pendahuluan
Anda, kami ajak untuk mendalami Qaidah bahasa Arab di Madrasah Aliyah Kelas 1 dengan tema اسما المعرفة والنكرة فى الجملة الاسمية (Isim Ma’rifah dan Nakirah dalam Jumlah Ismiyah). Yang dituntut dari peserta didik Madrasah Aliyah Kelas I adalah bagaimana mereka memiliki kemampuan untuk mengenali isim ma’rifah dan isim nakirah serta bagaimana menggunakan kedua jenis kata itu dalam kalimat (jumlah) ismiyyah khususnya yang berpola mubtada’ + khabar.
Sedangkan yang dituntut dari Anda adalah penguasaan secara mendalam materi yang akan Anda ajarkan kepada siswa Madrasah Aliyah tersebut dan pengembangannya, sehingga Anda memiliki modal bahasa yang lebih dari pada materi yang akan diajarkan kepada mereka.
Modal utama dalam mempelajari bahasa Arab ini adalah kemauan yang keras dan memiliki motiasi yang kuat untuk belajar bahasa Arab.
Materi bahasa Arab dalam modul ini disiapkan untuk mencapai penguasaan terhadap Qawaid dan Struktur dalam bahasa Arab.
Modul 1 ini terdiri dari dua Kegiatan Belajar. Pada Kegiatan Belajar 1 akan dibahas tentang Isim Ma’rifah dan Isim Nakirah (kata transitif dan kata yang intransitif) dan pada Kegiatan Belajar 2 akan disajikan tentang jumlah ismiyyah (kalimat nominal) dalam bahasa Arab dalam pola mubtada’ + khabar serta peran isim ma’rifah dan isim nakirah dalam bentuk kalimat tersebut.

KEGIATAN BELAJAR 1 (NAKIRAH DAN MA’RIFAH)
A. Bacaan (القراءة)
Di bawah ini disediakan bahan bacaan berjudul: لماذا أحبط المسلمون؟
Dengan mempelajari bahan bacaan ini diharapkan:
– Anda dapat membaca bahan bacaan ini dengan baik sesuai dengan kaidah bahasa Arab seperti makhraj dan panjang pendek yang benar.
– Anda dapat membaca bahan bacaan dengan intonasi yang benar.
– Anda dapat menterjemahkan bahan bacaan ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
– Anda dapat menunjukkan kalimat isim yang termasuk nakirah dan makrifat.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Silakan Anda pelajari kegiatan berikut ini.

1. Membaca Bahan Bacaan
Bacalah teks di bawah ini dengan memperhatikan panjang pendek dan makhraj huruf-hurufnya, bentuk `irab serta harakat/syakal setiap kata.
Namun hendaklah Anda bedakan antara cara membaca Al-Qur`an dengan membaca teks berikut.
لماذا أحبط المسلمون؟
إنه لمن العجب حقاً أن تحبط أمة تملك كتاباً مثل القرآن ، وحديثاً مثل حديث رسول الله صلي الله عليه وسلم.. وإنه لمن العجب حقاً أن ييأس شعب له تاريخ مثل تاريخ المسلمين ، وله رجال أمثال رجال المسلمين.. وإنه لمن العجب حقاً أن يقنط قوم يملكون مقدرات كمقدرات المسلمين ، وكنوزاً مثل كنوز المسلمين. عجيب حقا أن تقنط هذه الأمة وقد قال ربها في كتابه: “قال ومن يقنط من رحْمة ربه إلا الضالون”.. لكنها حقيقة مشاهدة ، وواقع لا ينكر. والواقع أن غياب الأمل ، وضياع الحلم، وانحطاط الهدف ، كارثة مروعة حلت على المسلمين ، ومصيبة مهولة لا يرجى في وجودها نجاة.
لابد أن نقف وقفات ووقفات ، لنحلل وندرس ونفقه
لماذا صرنا إلى ما صرنا إليه ؟!! وكيف السبيل لقيام وسيادة وصدارة ومجد؟
أما لماذا صرنا إلى هذا الوضع فهذا يرجع إلى عوامل عديدة ، نستطيع أن نقسمها إلى قسمين كبيرين: القسم الأول هو واقع صنعه المسلمون بأيديهم لما فرطوا في دين الله ، وابتعدوا عن منهج الله ، واستهانوا – وأحيانا تحالفوا – بأعداء الله. أما القسم الثاني فهو مؤامرة بشعة ، نسجت خيوطها على مدار أعوام طويلة ، وتعاون على التخطيط لها طوائف مختلفة من أعداء الأمة.

2. Makna Kosa kata
معانى المفردات
– تحبِط = terpuruk
– ييأَس = putus asa
– يقنُط =putus asa
– مَقْدِرات = kemampuan
– كُنُوْزاً = harta simpanan
– ضِياع الْحِلم =hilangnya sifat sabar
– انحطاط الهدَف =menurunnya tujuan
– كارثة مُرَوِّعة =tragedi yang mengerikan
– مصيبة مُهَوِّلة = musibah yang mengalutkan
– فرَّطوا = mereka ceroboh
– منهج الله =aturan Allah
– تَحالفوا =bersekutu
– مُؤَامَرة بَشِعَة =manuver keji

3. Menerjemahkan Kalimat
Setelah Anda memahami arti atau makna kata-kata (mufrodat), Silakan Anda menerjemahkan kalimat-kalimat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik, sambil memperhatikan bentuk kata yang tergolong ke dalam kelompok isim, fi’il, atau harf. Sebelum Anda menerjemahkan bacaan di atas secara utuh ! Jangan dulu melihat kunci terjemahan yang disediakan, sebelum Anda berusaha sendiri menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang baik.
1. إنه لمن العجب حقاً أن تحبط أمة تملك كتاباً مثل القرآن
2. وإنه لمن العجب حقاً أن بيأس شعب له تاريخ مثل تاريخ المسلمين
3. أما لماذا صرنا إلى هذا الوضع فهذا يرجع إلى عوامل عديدة .

4-Kunci Terjemahan :
1. Sungguh aneh sekali sekelompok umat yang memiliki sebuah kitab semisal al-Qur’an bisa terpuruk.
2- Sungguh aneh sekali sebuah bangsa yang memiliki sejarah semisal sejarah kaum muslimin, bisa berputus asa.
3- Kenapa kita bisa berada dalam kondisi seperti ini ? Ini disebabkan beberapa faktor.

5-Membaca dan Memahami Bahan Bacaan
Setelah Anda dapat menerjemahkan kalimat-kalimat tadi dengan baik, Silakan Anda membaca kembali bahan bacaan di atas dengan baik sambil memahami maknanya. Silakan Anda baca mulai dari judul: لماذا أحبط المسلمون؟
sampai dengan kalimat terakhir من أعداء الأمة
Bila belum juga memahami maknanya dengan baik, Silakan Anda kembali membaca sambil berusaha memahami makna bahan bacaan itu.

B. Qawaid (قواعد)

Jika Anda memperhatikan dengan cermat kata-kata dalam bacaan di atas, jelaslah bagi Anda bahwa di dalamnya terdapat kata-kata seperti:
أمة – كتاب – حديث ً -شعب – تاريخ-
القرآن – رسول الله- المسلمون – هو – هذه .
Lima kata pertama adalah bentuk kata isim yang menunjukan sesuatu yang bersifat umum, sementara lima kata berikutnya menunjukan sesuatu yang tertentu.
Kata-kata isim yang masih menunjukkan makna umum, dalam bahasa Arab dikelompokkan ke dalam isim yang disebut “nakirah”, sementara kata-kata isim yang menunjukkan makna khusus atau tertentu disebut isim “ma’rifah”.
القواعد :
الإسم النكرة هو ما دل على شيئ غير معيّن (أي على اسم شائع الدلالة). مثل : أمة – كتاب – حديث ً -شعب – تاريخ
الإسم المعرفة هو ما دل على شيئ معيّن بذاته، ومن أنواع المعرفة هي :

 العلم : مثل : الله ، محمد، القاهرة، النيل ، جاكرتا
 الضمير، مثل : أنا، أنتَ، هو الخ
 اسم الإشارة مثل : هذا ، هذه، ذلك الخ
 الاسم الموصول مثل : الذي، التى، الخ
 المعرف بال مثل : الرجل، المسلم
 المضاف إلى ما سبق مثل : كتاب الطالب ، تاريخها الخ
 المنادى المقصود تعيينه مثل : يا محمود
Penjelasan:
Ism (kata selain fi’il dan harf) dalam bahasa Arab, bila dilihat dari makna umum dan makna khususnya dibagi menjadi ism nakirah dan ism ma’rifah. Ism nakirah adalah kata yang menunjukkan makna yang masih umum seperti seorang siswa ( طالب ), seorang guru (مدرس), sebuah mobil (سيارة), dan sebuah buku (كتاب). Empat kata-kata tadi maknanya masih umum sekali, belum jelas siswa yang mana, guru apa? atau guru dimana?, mobil siapa atau mobil apa? dan buku apa? atau buku siapa? Kata-kata seperti itu dalam bahasa Arab disebut ism nakirah (indefinit).
Sedangkan bagian kedua atau lawan dari ism nakirah adalah ism ma’rifah, yaitu ism yang menunjukkan pada makna tertentu (khusus). Coba perhatikan kata-kata seperti;
الله ، محمد، القاهرة، النيل ، جاكرتا
makna-maknanya sudah sangat jelas dan menunjuk pada suatu yang tentu. Allah menunjuk pada makna Dzat Yang Maha Esa, Muhammad menunjuk pada nama seorang lelaki, al- Qahirah menunjuk pada nama ibu kota negara Mesir, al- Nil menunjuk pada nama sebuah sungai terpanjang di dunia di benua Afrika, dan Jakarta menunjuk pada nama sebuah ibu kota negara Indonesia.
Ism ma’rifat (definit) selain berupa kata-kata yang menunjuk pada nama tertentu, juga termasuk ke dalamnya adalah:
1- dhamir (kata ganti) untuk orang I, II, atau III)
2- ism isyarah (kata tunjuk)
3- ism maushul (kata sambung)
4- ism yang didahului أل
5- ism yang dimudhafkan kepada lima ism ma’rifah di atas.
6- Ism munada’ yang ditentukan.

C- Latihan (تدريبات )
Latihan yang dalam bahasa Arab disebut Tadribat merupakan proses dalam pembelajaran bahasa Arab, dimaksudkan sebagai penguatan dari materi yang sudah diberikan. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya, latihan atau tadribat sebaiknya dikerjakan bersama-sama di bawah bimbingan dosen tutor.
Karena latihan ini sifatnya sebagai penguat dari materi yang sudah diajarkan, Anda harus kembali mempelajari materi pokok sebagai poros pembicaraan. Sebelum mengerjakan tadribat ini, baca dulu tadribat ini dalam hati, sambil mengingat-ingat kosakata dan bentuk kata yang sudah diajarkan. Silakan Anda memulainya! Dan akan lebih baik bila mengerjakan latihan (tadribat) bersama-sama dengan teman-teman Anda.
أ/ اقرأ العبارات الأتية وعين فيها الأسماء النكرة والمعرفة !
(a). Bacalah kalimat di bawah ini dan carilah bentuk-bentuk isim nakirah dan makrifat !
1- وكيف السبيل لقيام وسيادة وصدارة ومجد؟
2- لماذا صرنا إلى هذا الوضع فهذا يرجع إلى عوامل عديدة .
3- نستطيع أن نقسم العوامل إلى قسمين كبيرين .
4- القسم الأول هو واقع صنعه المسلمون بأيديهم .
5- فرَّط المسلمون في دين الله ، وابتعدوا عن منهج الله

ب/ اضبط الجمل الأتية بالشكل الكامل !
(b). Berilah harakat/syakal kalimat-kalimat di bawah ini dengan lengkap !
1- وإنه لمن العجب حقاً أن ييأس شعب له تاريخ مثل تاريخ المسلمين .
2- وللشعب المسلم رجال أمثال رجال المسلمين.
3- وإنه لمن العجب حقاً أن يقنط قوم يملكون مقدرات كمقدرات المسلمين .
4- وعجيب حقا أن تقنط هذه الأمة وقد قال ربّها في كتابه :
“قال ومن يقنط من رحْمة ربه إلا الضالون”.

(ج) ترجم الجمل الأتية إلى اللغة الإندونيسية !
(c). Terjemahkan kalimat-kalimat di bawah ini ke dalam bahasa Indonesia !
1- وكيف السبيل لقيام وسيادة وصدارة ومَجْد ؟
2- لماذا صرنا إلى هذا الوضع فهذا يرجع إلى عوامل عديدة .
3- نستطيع أن نقسم العوامل إلى قسمين كبيرين .
4- القسم الأول هو واقع صنعه المسلمون بأيديهم .
5- فرَّط المسلمون في دين الله ، وابتعدوا عن منهج الله .

D- Rangkuman Kegiatan Belajar
Kegiatan Belajar 1 pada Modul 1 ini, dapat Anda rangkum dalam butir-butir di bawah ini:
1. Bahan bacaan (مادة القراءة) : لماذا أحبط المسلمون؟ yang berarti “Kenapa orang-orang Islam terpuruk?'” mengandung mufrodat yang terdiri dari kata-kata isim nakirah dan makrifat (اسم نكرة و معرفة).
2. Tata bahasa/ Qawa’id yang ditekankan dalam Modul 1 Kegiatan Belajar 1 ini adalah, mengenal kata-kata isim nakirah dan makrifat (اسم نكرة و معرفة) seperti :
أمة – كتاب – حديث ً -شعب – تاريخ
القرآن – رسول الله – المسلمون – هو – هذه .

3. Kegiatan latihan membaca bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca, menerjemahkan, menyimpulkan isi kalimat sederhana dan mengenal pola kalimat yang terdapat dalam bacaan : لماذا أحبط المسلمون؟
4. Kegiatan menerjemahkan bertujuan untuk menunjang penguasaan makna mufrodat yang berbentuk nakirah dan ma’rifah, serta memahami isi kandungan yang terdapat dalam materi bacaan : لماذا أحبط المسلمون؟

Setelah selesai membaca rangkuman, Silakan Anda mengerjakan Tamrinat dalam kegiatan ini yang berfungsi sebagai Tes Formatif. Jangan cepat bosan dan putus asa dalam mengerjakan Tamrinat, karena kita tahu bahwa bahasa adalah kebiasaan, dan kebiasaan akan tertanam bila kita selalu mengulang-ulangnya.

E- Tes Formatif 1 (تمرينات 1 )
Dalam mengerjakan Tes Formatif ini, Anda diharapkan mengerjakannya dengan penuh kejujuran, karena dengan tes ini, Anda dapat mengetahui kemammpuan Anda atau penguasaan Anda terhadap materi yang telah dipelajari. Sekali lagi, kerjakan tes ini dengan obyektif, jangan bertanya kepada teman Anda. Setelah selesai, Anda bisa melihat hasilnya, berapa persen penguasaan Anda terhadap materi yang dipelajari dengan cara mencocokkan dengan kunci jawaban yang disediakan di bagian akhir modul ini. Silakan kerjakan!
* اختر التكملة الصحيحة : (أ أو ب أو ج أو د ) !
1- أَنْتَ تَعْرِف مِنْ بِطَاقَتِي الشَّخْصِيَّة . لفظ “بطاقة ” فى الجملة السابقة معرفة لأنه ….
أ- علم ب- مضاف إلى ضمير
ج- مضاف إلى أل د- اسم موصول .
2- ولد خالد فى 12 يَنَايِر سَنَة 1992 م . . . .
أ- بالمدينة جاكرتا ب- بمدينة الجاكرتا
ج- بمدينة جاكرتا د- بالمدينة الجاكرتا
3- هذا … لِلسَّيِّد أَحْمَد (081517925365)
أ- رقم مَحْمُوله ب- الرقم الْمَحْمُول
ج- رقم الْمَحْمُول د- الرقم مَحْمُول
4- (MAN) 4 جَاكَرْتَا مِن الْمَدَارِس ….
أ- الحكومة ب- الْحُكُوْمِيَّة ج- حكومة د- حُكُوْمِيَّة
5- الْمَدْرَسَة ليست … عَن بَيْتِي، أَصِل إِلَيْهَا بِالسَّيَّارَة فِي نِصف سَاعة
أ- قَرِيْبَة ب- بَعِيْدَة ج- القريبة د- البعيدة
6- الأُسْتَاذ إِبْرَاهِيْم إِنْدُونِيسِيّ، وَأُمُّه سُعُوْدِيّة، هِيَ مِن مكة .
ألأسماء النكرة فى الجملة السابقة . , . .
أ- إندونيسي و مَكَّة ب- إبراهيم و هي
ج- إِنْدُوْنِيْسِيَ وسعودية د- الأستاذ و مكة
7- يَسْكُن . . . إبراهيم فِي شَارِع كَرْتِيْنِي رقم 8 مَعَ عَائِلَتِه
أ- السَّيِّد ب- سيد ج- السيدة د- سيدة
8- أَتَنَاوَل الفُطُور صَبَاحًا مَعَ عَائِلَتِي فِي . . . .
أ- غُرفة الأَكْل ب- الغُرفة الأَكْل
ج- الغُرفة أَكْل د- غُرفة أَكْل

9- أُوَدِّع وَالِدَيَّ صَبَاحًا ، ثُمَّ أَذْهَب إِلَى . . . التي أعلم فيها اللغة العربية
أ- مدرسة ب- المدارس
ج- مدارس د- الْمَدْرَسَة
10- أُذاكِر دُرُوْسِي وَأَعْمَل . . . فِي غُرفة المذاكرة .
أ- وَاجِب الْمَنْـزِليّ ب- الوَاجِب مَنْـزِليّ
ج- الوَاجِب الْمَنْـزِل د- الوَاجِب الْمَنْـزِليّ
11- … عُنْوَانك ؟
أ- أين ب– ماذا ج– من د- ما
12- . . . ؟ هَذَا كِتَاب التَّفْسِير
أ- مَا هَذِه ب- مَنْ هذا
ج- مَا هذا الكتاب د- هَلْ هذا كِتاب
13- … = Buku ini bagus
أ- هذا كتاب جميل ب- هذا الكتاب جميل
ج- هذا كتاب الجميل د- هذا الكتاب الجميل
14- … = Di atas meja ada buku.
أ- على المكتب كتاب ب- كتاب على المكتب
ج- الكتاب على المكتب د- على المكتب الكتاب
15- … ؟ هذا كِتَابِي
أ- هل هذا كتاب ب- ما هذا الكتاب
ج- أَيْن الكتاب د- لمن هذا الكتاب

== = ==

* Balikan dan Tindak Lanjut
Cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban Test Formatif yang terdapat pada bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban Anda yang benar. Kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi kegiatan belajar 1.

Rumus:
Jumlah jawaban yang benar
Tingkat penguasaan = 15 X 100

Arti tingkat penguasaan yang Anda capai:

90 % – 100 % = baik sekali
80 % – 89 % = baik
70 % – 79 % = cukup
< 70 % = kurang

Bila Anda mencapai tingkat penguasaan 80 % ataulebih, Anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar 2. Bagus! Tetapi bila tingkat penguasaan Anda masih di bawah 80 %, Anda harus mengulangi Kegiatan Belajar 1, terutama bagian yang belum Anda kuasai.

== m ==

KEGIATAN BELAJAR 2
JUMLAH ISMIYYAH (MUBTADA’ + KHABAR)
A. Bacaan (القراءة)
Di bawah ini disediakan bahan bacaan berjudul فضل الصلاة فى المسجد الحرام
Dengan mempelajari bahan bacaan ini diharapkan:
– Anda dapat membaca bahan bacaan ini dengan baik sesuai dengan kaidah bahasa Arab seperti makhraj, tasydid, panjang pendek, dan intonasi yang benar.
– Anda dapat membaca bahan bacaan dengan harakat yang benar.
– Anda dapat menerjemahkan bahan bacaan ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
– Anda dapat menunjukkan jumlah ismiyah yang terdiri dari mubtada dan khabar.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Silakan Anda pelajari kegiatan berikut ini.
1- Membaca Bahan Bacaan.
Bacalah teks di bawah ini dengan memperhatikan panjang pendek dan makhraj huruf-hurufnya, bentuk dan `irab serta harokat setiap kata.
Namun hendaklah Anda bedakan antara cara membaca Al-Qur`an dengan membaca teks kitab.
فضل الصلاة فى المسجد الحرام
والصلاة في المسجد الحرام أفضل من مئة ألف صلاة فيما سواه من المساجد، لما رواه أحمد والبزار في مسنديهما وابن حبان في صحيحه عن عبد الله بن الزبير رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (صلاة في مسجدي هذا أفضل من ألف صلاة في غيره من المساجد إلا المسجد الحرام، وصلاة في المسجد الحرام أفضل من الصلاة في مسجدي هذا بمائة صلاة) وعند البزار في مسنده عن أبي الدرداء رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال:( فضل الصلاة في المسجد الحرام على غيره بمائة ألف صلاة ). …وتضعيف الصلاة فيه ـ كما يقول الزركشي – لا يَخْتصّ بالفريضة، بل يعم النفل والفرض، وإن التضعيف لا يختص بالصلاة بل وسائر أنواع الطاعات كذلك قياسا.
وللبيت المعظم في مكة تحية خاصة به ليست كتحية باقي المساجد، فتحيته الخاصة به الطواف به سبعة أشواط حين الدخول إليه قبل كل شيء، ففي الصحيحين عن عائشة رضي الله عنها أنه صلى الله عليه وسلم أول شيء بدأ به الطواف. كما أن هذه التحية مأمور بها ثانية عند مغادرة البلد الحرام مكة المكرمة، فتجب على كل من خرج من مكة مسافراً منها، ففي صحيح مسلم عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ( لا ينفرن أحد حتى يكون آخر عهده بالبيت).

2- Makna Kosa Kata
معانى المفردات

تضعيف =melipat gandakan
يعم =meliputi
سائر أنواع =semua macam
تحية خاصة =penghormtan khusus
أشواط جمع شوط =putaran
مغادرة =meninggalkan
لا ينفرنّ =bepergian

3- Menerjemahkan Kalimat
Setelah Anda memahami arti atau makna kata-kata (mufrodat), Silakan Anda menerjemahkan kalimat-kalimat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik, sebelum Anda menerjemahkan bacaan di atas secara utuh! Jangan dulu melihat kunci terjemahan yang disediakan sebelum Anda berusaha sendiri menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang baik.
1- والصلاة في المسجد الحرام أفضل من مئة ألف صلاة فيما سواه من المساجد .
2- وتضعيف الصلاة في المسجد الحرام لا يَخْتصّ بالفريضة، بل يعم النفل والفرض .
3- وإن التضعيف لا يختص بالصلاة بل وسائر أنواع الطاعات كذلك قياسا.
4- إن هذه التحية مأمور بها ثانية عند مغادرة البلد الحرام مكة المكرمة، فتجب على كل من خرج من مكة مسافراً منها .
4-Jawaban Terjemah:
1. Shalat di al-Masjid al- Haram lebih utama dari pada 100000 (seratus ribu) kali shalat di masjid-masjid yang lain.
2. Melipatgandakan pahala shalat di al-Masjid al- Haram, tidak hanya untuk shalat fardu, tetapi mencakup amalan sunnah dan ibadah wajib yang lain.
3. Secara analog, pelipatgandaan pahala tidak khusus untuk shalat, tetapi juga untuk semua macam-macam ketaatan.
4. Penghormtan ini diperintahkan kedua kalinya pada saat meninggalkan tanah haran Makkah al- Mukarramah. Oleh sebab itu penghormatan diwajibkan bagi setiap orang yang keluar dari Makkah.

5-Membaca dan Memahami Bahan Bacaan
Setelah Anda dapat menerjemahkan kalimat-kalimat tadi dengan baik, Silakan Anda membaca kembali bahan bacaan di atas dengan baik sambil memahami maknanya. Silakan Anda baca mulai dari judul: فضل الصلاة فى المسجد الحرام
sampai dengan kalimat terakhir حتى يكون آخر عهده بالبيت
Bila belum juga memahami maknanya dengan baik, Silakan Anda kembali membaca sambil berusaha memahami makna bahan bacaan itu.

B. Qawa’id (قواعد)
Jika anda memperhatikan dengan cermat kata-kata dalam bacaan di atas, jelaslah bagi anda bahwa di dalamnya terdapat kalimat-kalimat seperti:
-والصلاة في المسجد الحرام أفضل
– وتضعيف الصلاة فيه لا يَخْتصّ بالفريضة
– فتحيته الخاصة به الطواف به سبعة أشواط
– أول شيء بدأ به الطواف .
Jika Anda perhatikan contoh-contoh di atas, maka semua jumlah tersebut diawali dengan kalimat isim yang menjadi mubtada’. Jumlah-jumlah yang diawali oleh kalimat isim yang menjadi mubtada’, disebut jumlah ismiyah.
Susunan jumlah ismiyah terdiri unsur mubtada’ (subyek) dan unsur khabar (predikat). Mubtada atau subyek dalam bahasa Arab harus berupa kata isim yang menunjukkan makna definit (tentu) yang dalam bahasa Arab disebut isim ma’rifah. Sementara khabar tidak disyaratkan isim ma’rifah. Dari segi pengucapan, mubtada’ merupakan isim yang dirafa’kan yang berada di awal suatu jumlah. Sedangkan khabar ialah isim yang dirafakan yang berada setelah mubtada dengan tujuan untuk melengkapi makna mubtada’.
Contoh : الَمدرِّسُ حَاضِرٌ. Artinya guru itu hadir. Al-mudarris sebagai mubtada’ dan hadhir sebagai khabar. Kata hadhir merupakan penjelas makna mubtada. Untuk contoh lebih jelas bisa dilihat pada qawaid berbahasa Arab di bagian bawah.
Tidak selamanya mubtada itu berada di bagian paling depan sebelum khabar, tetapi mubtada bisa setelah khabar atau istilah lain disebut : “khabar muqaddam mubtada muakhkhar”.
Contoh : وللبيت المعظم في مكة تحية خاصة به
القواعد :
الجملة الإسمية هي الّتي تبدأ باسم ، مثل :
– الصلاة في المسجد الحرام أفضل
– وتضعيف الصلاة فيه لا يَخْتصّ بالفريضة.

المبتدأ : هو اسم مرفوع يقع في أول الجملة
الأصل فى المبتدأ أن يكون معرفة أي أن يكون من العلم أو الضمير أو اسم الإشارة أو الاسم الموصول أو المحلى بأل أو المضاف إلى ما سبق ذكره .
ولا يجوز أن يكون من الأسماء النكرة . وقد يقع المبتدأ نكرة فى الحالات الآتية :
1- إذا كان الخبر مقدما ، مثل : عندنا نقود .
2- إذا كان موصوفا ، مثل : رجل كريم عندنا
3- إذا أضيف إلى نكرة ، مثل :طالب إحسان حاضر
4- إذا سبقه نفي ، مثل : ما ظالم ناجح
5- إذا سبقه استفهام ، مثل : هل رجل فيكم .
وقال ابن مالك :
ولايجوز الابتداء بالنكرة * ما لم تفد كعند زيد نمرة
وهل فتى فيكم فما خل لنا * ورجل من الكرام عندنا
ورغبة فى الخير خير وعمل * برّ يزين وليقس ما لم يقل

الخبر : اَلْخَبَرُ هُوَ الَّذِيْ يكمّلُ ْمَعْنَى الْمبتدأ
– الخبر يطابق المبتدأ فى العدد ( الإفراد والتثنية والجمع) وفى النوع ( التذكير والتأنيث) .
– الخبر على ثلاثة أنواع :
1. مفرد ، مثل : اَلْمُدَرِّسُ حَاضِرٌ
2. شبه الجملة (جار مجرور أو ظرف) مثل : فِي الْحَدِيْقَةِ أَزْهَارٌ
3. جملة اسمية أو فعلية. مثل : اَلنَّجَاحُ أَسَاسُهُ الْعَمَلُ / اَلشَّمْسُ أَشْرَقَتْ

C-Latihan (تدريبات)
Latihan yang dalam bahasa Arab disebut Tadribat merupakan proses dalam pembelajaran bahasa Arab, dimaksudkan sebagai penguatan dari materi yang sudah diberikan. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya, latihan atau tadribat sebaiknya dikerjakan bersama-sama di bawah bimbingan dosen tutor.
Karena latihan ini sifatnya sebagai penguat dari materi yang sudah diajarkan, Anda harus kembali mempelajari materi pokok sebagai poros pembicaraan. Sebelum mengerjakan tadribat ini, baca dulu tadribat ini dalam hati, sambil mengingat-ingat kosakata dan bentuk kata yang sudah diajarkan. Silakan Anda memulainya! Dan akan lebih baik bila mengerjakan latihan (tadribat) bersama-sama dengan teman-teman Anda.

أ- اقرأ العبارات الأتية وعين فيها المبتدأ وخبره!
a) Bacalah kalimat di bawah ini dan carilah mubtada dan khobarnya !
1- والصلاة في المسجد الحرام أفضل من مئة ألف صلاة فيما سواه من المساجد .
2- وتضعيف الصلاة في المسجد الحرام لا يَخْتصّ بالفريضة .
3- وتضعيف الثواب يعم النفل والأعمال المفروضة الأخرى .
4- وإن التضعيف لا يختص بالصلاة بل وسائر أنواع الطاعات كذلك
5-هذه التحية مأمور بها ثانية عند مغادرة البلد الحرام مكة المكرمة .
6-التحية واجبة على كل من خرج من مكة مسافراً منها .

ب‌- اضبط الجمل الأتية بالشكل الكامل !
b)Berilah harokat kalimat-kalimat di bawah ini dengan harokat yang lengkap!
1- والصلاة في المسجد الحرام أفضل من مئة ألف صلاة فيما سواه من المساجد .
2- وتضعيف الصلاة في المسجد الحرام لا يَخْتصّ بالفريضة .
3- وتضعيف الثواب يعم النفل والأعمال المفروضة الأخرى .
4- وإن التضعيف لا يختص بالصلاة بل وسائر أنواع الطاعات كذلك
5- هذه التحية مأمور بها ثانية عند مغادرة البلد الحرام مكة المكرمة .
6- التحية واجبة على كل من خرج من مكة مسافراً منها .

ج‌. ترجم الجمل الأتية إلى اللغة الإندونيسية !
c)Terjemahkan kalimat-kalimat di bawah ini ke dalam bahasa Indonesia !
1- والصلاة في المسجد الحرام أفضل من مئة ألف صلاة فيما سواه من المساجد .
2- وتضعيف الصلاة في المسجد الحرام لا يَخْتصّ بالفريضة .
3- وتضعيف الثواب يعم النفل والأعمال المفروضة الأخرى .
4- وإن التضعيف لا يختص بالصلاة بل وسائر أنواع الطاعات كذلك
5- هذه التحية مأمور بها ثانية عند مغادرة البلد الحرام مكة المكرمة .
6 – التحية واجبة على كل من خرج من مكة مسافراً منها .

D- Rangkuman Kegiatan Belajar 2
Kegiatan pembelajaran 2 pada modul 1 ini, dapat Anda rangkum dalam butir-butir di bawah ini:
1. Bahan bacaan (مادة القراءة) : فضل الصلاة فى المسجد الحرام yang berarti “keutamaan shalat di al-Masjid al- Haram" mengandung kalimat-kalimat yang berpolakan jumlah ismiyyah, seperti:
– والصلاة في المسجد الحرام أفضل
– وتضعيف الصلاة فيه لا يَخْتصّ بالفريضة
– فتحيته الخاصة به الطواف به سبعة أشواط
– أول شيء بدأ به الطواف .
– وللبيت المعظم في مكة تحية خاصة به

2. Tata bahasa/ Qawaid yang ditekankan dalam Modul 1 Kegiatan Belajar 2 ini adalah, mengenal kalimat berpola jumlah ismiyyah (mubtada’ khabar dan khabar muqaddam mubtada muakhkhar)
3. Kegiatan menerjemahkan bertujuan untuk menunjang penguasaan ma'na mufradat serta memahami isi kandungan yang terdapat dalam materi bacaan فضل الصلاة فى المسجد الحرام
Setelah selesai membaca rangkuman, silakan Anda mengerjakan Tamrinat dalam kegiatan ini yang berfungsi sebagai Tes Formatif. Kunci jawaban Tes Formatif ada di bagian akhir kegiatan belajar ini.

E-Test Formatif 2 (2 تمرينات )
Dalam mengerjakan Tes Formatif ini, Anda diharapkan mengerjakannya dengan penuh kejujuran, karena dengan tes ini, Anda dapat mengetahui kemammpuan Anda atau penguasaan Anda terhadap materi yang telah dipelajari. Sekali lagi, kerjakan tes ini dengan obyektif, jangan bertanya kepada teman Anda. Setelah selesai, Anda bisa melihat hasilnya, berapa persen penguasaan Anda terhadap materi yang dipelajari dengan cara mencocokkan dengan kunci jawaban yang disediakan di bagian akhir modul ini. Silakan kerjakan!

أ/ اِخْتَرْ المُنَاسِبَ مِن الأجوبة الأربع ( أ – ب – ج – د ) !
1- الطالبات … بنجاحهنّ في الامتحان .
أ – مسرورا تٍ ب – مسروراتٌ
ج – مسرورون د – مسرورة
2- الأساتذة … بالقيام بالتدريس .
أ . مهتمة ب. مهتمان
ج. مهتمات د. مهتمون
3- العمال الُمجدّون … رئيسهم
أ . يحبّونَهم ب. يحبّهم
ج. تحبُّهم د. يحبُّونه
4- هذه المدرسة … أهل القرية .
أ . بُنِيَت ب. بَنَوْها
ج. بَنَاها د. بَناهم
5- من نظام التعليم … بنظافة الفصل .
أ – الاهتمامُ ب-الاهتمامَ
ج- الاهتمامِ د – الاهتمام
6- للمسلمين . . . يَحْتَرِمُوْنَها في كل سنة .
أ – أَعْيَاد ب- عيدان
ج- عيد د- عيدين
7- الحفل بذكرى مولد الرسول … جميع الطلاب. ‍
أ- يحضرها ب – يحضره
ج – يحضرهم د – يحضر

8- جوكجاكرتا . . . السائحون من أنحاء العالم لأنّ فيها آثارا تاريخية مشهورة .
أ – يزوره ب- يزورهم
ج- يزورها د – يزور
9- مدينة جوكجاكرتا . . . بآثارها التاريخية .
أ- مشهورات ب – مشهور
ج – المشهورة د – مشهورة
10- وتضعيف الصلاة فيه ـ كما يقول الزركشي – لا يَخْتصّ بالفريضة .
الخبر فى الجملة السابقة هو . . . .
أ- فيه ب- كما يقول
ج- لا يختص د – بالفريضة .
11- وللبيت المعظم في مكة تحية خاصة به ليست كتحية باقي المساجد .
لفظ "تحية " فى الجملة السابقة . . . .
أ- خبر مبتدأ ب- مضاف
ج- صفة د- مبتدأ مؤخر
12- فتحيته الخاصة به الطواف به سبعة أشواط حين الدخول إليه قبل كل شيء .
هذه العبارة جملة اسمية فالخبر فيها لفظ . . . .
أ- الطواف ب- سبعة
ج- الدخول د- قبل كل شيء
13- أول شيء بدأ صلى الله عليه وسلم به الطواف .
لفظ "الطواف " فى الجملة السابقة . . . .
أ- مفعول به ب- مبتدأ مؤخر
ج- خبر مبتدأ د- فاعل

* Balikan dan Tindak Lanjut
Cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban Test Formatif yang terdapat pada bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban Anda yang benar. Kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 2.

Rumus:
Jumlah jawaban yang benar
Tingkat penguasaan = 13 X 100

Arti tingkat penguasaan yang Anda capai:

90 % – 100 % = baik sekali
80 % – 89 % = baik
70 % – 79 % = cukup
< 70 % = kurang

Bila Anda mencapai tingkat penguasaan 80 % ataulebih, Anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar 2. Bagus! Tetapi bila tingkat penguasaan Anda masih di bawah 80 %, Anda harus mengulangi kegiatan belajar 1, terutama bagian yang belum Anda kuasai.

* Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1
-Tes Formatif 1
1- ب 2 – ج
3- ج 4- ب
5- ب 6- ج
7- أ 8- أ
9- د 10- د
11- د 12- أ
13- ب 14- أ
15- د
*Tes Formatif 2
1- ب 2- د
3- ب 4- ج
5- أ 6- أ
7- ب 8- ج
9- د 10- ج
11- د 12- أ
13- ج
== م ==

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: