PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF


PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU

Disusun oleh :

SUKINAH
1013119076

PROGRAM S-1 PGSD DALAM JABATAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012
PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU

SKRIPSI

Sebagai Salah Satu Syarat untuk mencapai Gelar
SARJANA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (S.Pd.SD)

Oleh :
SUKINAH

Pada

Program Studi S-1 PGSD
Jurusan Ilmu Pendidikan

PROGRAM S-1 PGSD DALAM JABATAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012
ABSTRAK

PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI
SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF
DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT
KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU

Oleh
Sukinah

Rendahnya kemampuan komunikasi secara lisan pada siswa Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu merupakan masalah yang harus segera dicari jalan keluarnya oleh guru. Salah satu factor penyebabnya adalah metode yang selama ini dilakukan guru dalam pembelajarannya adalah metode konvensional yang berpusat pada guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan melalui pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu,
Penelitiam ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi, dan pada setiap akhir pertemuan dilakukan tes kemampuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi yang diajarkan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif artinya data yang dihimpun kemudian disusun secara sistematis lalu diinterpretasikan, dan dianalisa sehingga dapat menjelaskan pengertian dan pemahaman tentang gejala yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan pada Hal ini dapat diketahui pada hasil tes pada setiap siklus. Hasil tes tindakan setiap siklus, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 81. Keterlaksanaan dari siklus I mencapai ketuntasan sebesar 73,33 %, dan siklus II mencapai ketuntasan sebesar 93,33%.
Pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan aktivitas kemampuan komunikasi secara lisan siswa kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Pringsewu pada pembelajaran tematik dengan tema pekerjaan. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas siklus I mencapai 64,25 (71,94%) dan meningkat mrnjadi 78,75 (87,5%) pada siklus II.
LEMBAR PENGESAHAN

Judul

:

PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI KELAS III SD NEGERI 3 WARINGINSARI BARAT KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU
NAMA

:

SUKINAH
NPM

:

1013119076
PROGRAM STUDY

:

S-I PGSD Dalam Jabatan
FAKULTAS

:

Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS LAMPUNG

Bandar Lampung, April 2012
Dosen Pembahas

Dosen Pembimbing

Dra. SASMIATI, M.Hum.
NIP. 19560424 198103 2003

Dr. RISWANTI RINI, M.Si.
NIP. 19600328 198603 2002

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama : SUKINAH
NPM : 1013119076
Program studi : S-1 PGSD Dalam Jabatan
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi : Universitas Lampung
Judul : Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Secara Lisan Melalui Pendekatan Komunikatif Di Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu.

Menyatakan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri, dan sepengetahuan saya tidak berisi materi yang telah dipublikasikan atau ditulis oleh orang lain atau telah digunakan dan diterima sebagai persyaratan penyelesaian studi pada Universitas atau Institut lain.

Bandar Lampung, 20 April 2012
Yang Membuat Pernyataan

SUKINAH
NPM. 1013119076

RIWAYAT HIDUP

Sukinah, lahir di Waringinsari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu pada tanggal 29 Juni 1962. Anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Ayah Ahmad Dimejdo dan Ibu Juminah.
Pendidikan yang telah ditempuh penulis adalah sebagai berikut :
1. Pendidikan Dasar ditempuh di SD Negeri Waringinsari lulus pada tahun 1976.
2. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di SMP Negeri Pringsewu lulus pada tahun1982.
3. Sekolah Pendidikan Guru (SPG) KH. Gholib Pringsewu lulus pada tahun 1985.
4. Pendidikan Diploma II (D-II) PGSD Universitas Terbuka selesai pada tahun 2004
5. Tahun 2010 terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Lampung program S-1 PGSD dalam jabatan.

HALAMAN PERSEMBAHAN

PTK kupersembahkan kepada :

1. Suamiku tersayang (Tumiranuddin) dan Anak – anaku tercinta Nur Hidayah, Umi Ma’sum, dan Salwa Azizah yang selalu setia memberi semangat dalam meraih cita-cita hidupku.
2. Kakak dan adik – adikku tercinta yang senantiasa memberikan do’a, saran dan dukungan terhadap penulis.
3. Kepala Sekolah, Guru, dan Pegawai Sekolah SD negeri 3 Waringinsari Barat, yang telah memberikan dorongan semangat dan bantuan untuk menyelesaikan penelitian ini.
4. Sahabat – sahabat terdekat yang telah memberikan dukungan, saran, semangat, do’a dan motivasi selama proses pembuatan sehingga terciptanya PTK ini.
5. Almamater tercinta Universitas Lampung.

Semoga PTK ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Amin.

Penulis

SUKINAH

MOTTO

“Jangan jadikan setiap kegagalan menjadi sebuah keterpurukan, melainkan jadikanlah sebagai semangat, karena sesungguhnya kegagalan itu adalah awal datangnya keberhasilan”. (Arsip Pribadi)

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala karunia dan kehendak-Nya lah, akhirnya penelitian yang penulis lakukan dapat terselesaikan sebagai upaya peningkatan kualiatas pembelajaran khususnya peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan di sekolah, melalui pendekatan komunikatif.
Skripsi yang berjudul “Peningkatan kemampuan komunikasi secara lisan dengan menggunakan Pendekatan Komunikatif di Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ini diajukan untuk memenuhi persyaratan meraih gelar Sarjana Pendidikan Program S-1 PGSD dalam jabatan di Universitas Lampung tahun 2012.
Dengan selesainya penyusunan skripsi ini perkenankanlah penulis mengucapakan terima kasih kepada yang terhormat :
1. Bapak Dr. Hi. Bujang Rohman, M. Si., selaku Dekan FKIP UNILA
2. Bapak Drs. Baharuddin Risyak, M.Pd., selaku Ketua Jurusan
3. Ibu Dr. Riswanti Rini, M,Si , selaku dosen Pembimbing
4. Ibu Dra. Sasmiati, M.Hum., selaku dosen Pembahas
5. Bapak Dr. Hi. Darsono, M.Pd. selaku Ketua Program Studi
6. Bapak Lasiman, A.Ma. dan segenap Dewan Guru dan Karyawan SD negeri 3 Waringinsari Barat
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan skripsi ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karenanya kritik dan saran yang konstruktif senantiasa diharapkan demi perbaikannya. Semoga skripsi yang dipersembahkan penulis dapat memberikan sumbangan bagi dunia pendidikan yang selalu menghadapi tantangan – tantagan seiring dengan tuntutan aman.

Pringsewu, 20 April 2012
Penulis

SUKINAH
1013119076
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………….

i
ABSTRAK …………………………………………………………………….

ii
LEMBAR PENGEHAHAN ………………………………………….………..

iv
SURAT PERNYATAAN ………………………………………………………

v
RIWAYAT HIDUP ……………………………………………………………

vi
PERSEMBAHAN ……………………………………………………………..

vii
MOTTO ………………………………………………………………………..

viii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………

ix
DAFTAR ISI …………………………………………………………………..

x
DAFTAR TABEL ……………………………………………………………..

xiii
DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………….

xv

BAB I

:

PENDAHULUN

A.

Latar Belakang Masalah ………………………..…..……

1

B.

Identifikasi Masalah …………………………..…………

3

C.

Pembatasan Masalah …………………………………….

4

D.

Tujuan Penelitian ..……………………………..………..

5

E.

Manfaat Penelitian ……………………………..………..

5

BAB II

:

KAJIAN PUSTAKA

A.

Belajar dan Pembelajaran …………………………….……

7

1. Konsep Belajar dan Pembelajaran ……………………..

7

2. Teori-teori Belajar ………………..……………………

8

3. Hasil Belajar …………………………………………..

13

B.

Berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia …………………

1. Komunikasi Lisan ………….……………………..……

15

2. Strategi Berkomunikasi Lisan ………………………….

18

C.

Pendekatan Komuniktif ……………………………..…..

26

D.

Penelitian yang relevan …………………………………..

35

E.

Kerangka Berpikir ………………………………….……

37

F.

Hipotesis Tindakan ……………………………….……..

38

BAB III

:

METODE PENELITIAN

A.

Setting Penelitian …………………………………….…

39

1. Subjek Penelitian ……………………………………..

39

2. Lokasi Penelitian ……………………………….……..

39

3. Waktu ………………………………………………….

39

B.

Sumber Data …………………………………………….

40

C.

Teknik Pengumpulan Data ………………………………

40

D.

Alat Pengumpulan Data ………………………………….

41

E.

Teknik Analisa Data …………………………………….

41

F.

Prosedur Penelitian ………………………………………

42

G.

Urutan Tindakan Penelitian …………………………….

44

Siklus I …………………………………………………..

44

1. Perencanaan Tindakan ………………………….……

44

2. Pelaksanaan Tindakan Siklus I …………….……….

44

3. Tahap Pengamatan / Observasi ……………….……..

50

4. Tahap Refleksi …………………………………….….

50

Siklus II …………………………………………………

51

1. Perencanaan Tindakan …………………………….…

51

2. Pelaksanaan Tindakan Siklus II ………………….…

51

3. Tahap Pengamatan / Observasi ………………….…..

54

4. Tahap Refleksi ……………………………………….

54

H.

Indikator Kinerja ………………………………………..

55

BAB IV

:

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.

Deskripsi Pelaksanaan Tindakan Kelas ………………….

56

1. Gambaran Umum Objek Penelitian …………………..

56

2 Penetapan Kelas dan Waktu Penelitian ………………..

56

B.

Hasil Penelitian …………………………….……..……..

57

1. Siklus I ……………..…………………………………..

57

2. Siklus II ……………………………………………….

80

C.

Pembahasan Hasil Penelitian ………………..…………..

94

1. Siklus I ……………………………………..…………

94

2. Siklus II ……………………………..…………..…….

98

D.

Kemampuan Komunikasi secara Lisan Melalui Pendekatan Komunikatif ………………………………..

101

BAB V

:

KESIMPULAN DAN SARAN

A.

Kesimpulan …………………………………….……….

102

B.

Saran …………………………………………………….

103

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
2.1

:

Peranan Peserta Didik dan Guru dalam Pembelajaran Konstruktivisme ………………………………………..

10

4.1

Jadwal Kegiatan Penelitian Kelas III SDN 3 Waringinsari ……………………………………………

57

4.2

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1
(Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS) ……………..

59

4.3

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1
(Mata Pelajaran Matematika) ……………………………………

59

4.4

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan 1 ……………………………………………….

60

4.5

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 1 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat .

61

4.6

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus I Pertemuan 1 …………………………………………….

62

4.7

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 2 (Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS) ………………………..

67

4.8

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 2 (Mata Pelajaran Matematika) ……………………………………

67

4.9

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan II ……………………………………………….

68

4.10

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 2 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat .

69

4.11

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran
Siklus I Pertemuan 2 ……………………………………

70

4.12

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3
(Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS) ……………….

74

4.13

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3
(Mata Pelajaran Matematika) …………………………………..

75

4.14

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus I Pertemuan 3 ……………………………………………….

75

4.15

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I Pertemuan 3 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ..

77

4.16

Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Tes Formatif Siklus I (Pertemuan 1, 2, dan 3) Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ……………………………………..

77

4.17

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus I Pertemuan 3 ……………………………………………

79

4.18

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus II Pertemuan 1 …………

82

4.19

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus II Pertemuan 1 ……………………………………………..

83

4.20

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus II Pertemuan 1 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat ..

84

4.21

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus II Pertemuan 1 ……………………………………………

85

4.22

Distribusi Frekuensi Penilaian Aktivitas Proses Kegiatan Pembelajaran Siklus II Pertemuan 2 …………

89

4.23

Format Penilaian Aktivitas Belajar Pada Kegiatan Siklus II Pertemuan 2 ……………………………………………..

89

4.24

Distribusi Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus II Pertemuan 2 Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat

91

4.25

Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus II Pertemuan 2 …………………………………………….

92

4.26

Distribusi Peningkatan Frekuensi Nilai Tes Formatif Siklus I dan II Kelas III SD Negeri 3 Waringinsari Barat

101

DAFTAR GAMBAR

1 : Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas ……………………… 3

PTK ini diujikan pada Hari Jumat 20-04-2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: