RPP KELAS I “TEMA KEBERSIHAN”


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)  Tematik

 

 

Nama Sekolah     :  MIS Miftahul Ulum Waringinsaei

Tema                    :  Kebersihan

Kelas/Semester     :  I / 2

Alokasi Waktu     : 3 minggu

 

I. Standar Kompetensi:

1.  PKn                                       :  Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah.

2.  IPS                                        :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.

3.  IPA/ Sains                             :  Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

4.  Matematika                           :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan  sampai dengan dua angka dalam  pemecahan

                                                  masalah.

5.  Bahasa Indonesia                  :

  • Mendengarkan      :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
  • Berbicara            :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi

secara  lisan dengan gambar, percakapan  sederhana        

dan dongeng.

  • Membaca        :  Memahami  teks pendek dengan membaca lancar

dan   membaca puisi anak.

  • Menulis          :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung 

 melalui dikte dan menyalin.

6.   Seni Budaya dan Kerajinan :  Mengapresiasi karya seni  musik.

 

II. Kompetensi Dasar  :

            1. IPS  :

  • Menceritakan  kembali peristiwa   penting.

2. IPA :

  • Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
  • Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
  1. 3.      PKN :
    • Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.

    4.  Matematika :

      • Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
      • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.

      5.  Bahasa Indonesia :

      Mendengarkan

      • Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
      • Menyebutkan isi   dongeng.

      Berbicara

      • Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..

       Membaca

      • Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
      • Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat

      Menulis

      • Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
        • Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
        • Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
      1. Seni Budaya dan Keterampilan :

       

      III.  Indikator  :

      1. IPS :

      • Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
      • Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.

       

      2. IPA :

      • Memperagakan cara menggerakkan benda
      • Menyebutkan bentuk gerak.
      • Menjelaskan penyebab gerak.
      • Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.

       

      3. PKN :

      • Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
      • Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
      • Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
      • Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan.

      4. Matematika :

      • Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
      • Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
      • Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
      • Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
      • Penjumlahan secara bersusun panjang.

       

      5. Bahasa Indonesia :

      • Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
      • Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
      • Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
      • Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
      • Menyebutkan tokoh dalam dongeng
      • Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
      • Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
      • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
      • Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
      • Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
      • Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      • Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
      • Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
      •  Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
      • Memb
      • kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
      • Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
      • Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
      • Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.

       

      6. Seni Budaya dan Keterampilan. :

      • Menentukan sumber bunyi.
      • Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
      • Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.

       

      IV. Tujuan Pembelajaran**  :

                        Sisawa dapat  :

      • Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
      • Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain
      • Memperagakan cara menggerakkan benda
      • Menyebutkan bentuk gerak.
      • Menjelaskan penyebab gerak.
      • Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak
      • Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
      • Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
      • Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
      • Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan
      • Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
      • Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
      • Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
      • Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
      • Penjumlahan secara bersusun panjang.
      • Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
      • Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
      • Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
      • Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
      • Menyebutkan tokoh dalam dongeng
      • Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
      • Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
      • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
      • Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
      • Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
      • Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      • Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
      • Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
      •  Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
      • Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
      • Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimik yang sesuai.
      • Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
      • Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
      • Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
      • Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain
      • Menentukan sumber bunyi.
      • Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
      • Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.

       

      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

      Tekun ( diligence )

      Tanggung jawab ( responsibility )

      Ketelitian ( carefulness)

      Kerja sama ( Cooperation )

      Toleransi ( Tolerance )

      Percaya diri ( Confidence )

      Keberanian ( Bravery )

       

      V. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :

      • Hak anak di rumah dan disekolah.
      • Peristiwa yang pernah dialami
      • Energi dan perubahannya
      • Oprasi hitung bilangan.
      • Gambar tunggal atau gambar seri.
      • Dongeng.
      • Menyampaikan rasa suka atau tidak suka
      • Membaca lancar
      • Membaca puisi anak
      • Menulis huruf sambung.
      • Menyalin puisi
      • Unsur-unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik.

      VI. Metoda Pembelajaran :

      • Ceramah
      • Diskusi.
      • Tanya jawab.
      • Demontrasi.
      • Pemberian tugas.

       

      VII. Langkah-langkah pembelajaran :

      A.  Kegiatan awal :

      Apresepsi/ Motivasi :

      • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
      • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
      • Mengumpulkan tugas/ PR
      • Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah lalu.

       

      B. Kegiatan inti   :

            Minggu I

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Atas permintaan guru siswa memberikan contoh yang biasa dilakukan  ketika menyampaikan keinginan kepada orang tua.

      F Memberikan tanggapan dan penilaian pada setiap tampilan siswa.

      F Memberi pujian dan penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan.

      F Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan.

      F Menjelaskan bahwa benda yang berbentuk bola lebih mudah bergerak dibandingkan bentuk lain.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 + 12 )

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan.

      F Melalui peragaan siswa dapat memeperagaakan cara menggerakkan benda.

      F Setelah dapat memperagakan ,siswa mengambil kesimpulan bentuk benda mempengaruhi mudah dan sulitnya benda bergerak.

      F Menyebutkan bermacam bentuk benda ( benda yang besar, kecil, segi tiga, kerucut, bola, kubus, tak beraturan, tabung)

      F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 32 + 15 )

      F Mengamati benda/ model yang ditunjukkan oleh guru.

      F Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan guru  dari benda tersebut.

      F Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai dengan deskripsai guru.

      F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru, siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namanya.

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Mencari benda lain dan mendeskripsikannya dengan bimbingan guru.

      F Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.

      F Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.

      F Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.

      F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Menyimak dongeng yang disampaikan guru.

      F Memberi tanggapan positif terhadap penampilan siswa.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 31 + 17)

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut.

      F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng tersebut di depan kelas.

      F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan.

      F Dari peragaan menggerakkan benda, siswa menjelaskan bentuk gerak benda.

      F Melalui peragaan langsung siswa dapat  menyebutkan bahwa benda dapat bergerak bila  didorong, ditendang, ditarik,  ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke belakang dan ada pula yang bergerak berputar.

      F Setelah melakukan peragaan siswa mengerjakan LKS.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      Pertemuan ke empat  2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Mengingat kembali dongeng yang disampaikan guru dengan menyampaikan ringkasannya.

      F Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng .

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 14 + 32 )

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang telah didengarkan.

      F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa yang dimengerti.dengan menggunakan kalimat sendiri.

      F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 25 + 11 )

      F Melalui cerita guru tentang hal yang disukai dan hal yang tidak disukai, siswa termotivasi untuk menyampaikan pengalamannya.

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      F Siswa menyampaikan hal yang disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.

      F Siswa menyampaikan hal yang tidak disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.

      F Menuliskan kesukaan dan ketidak sukaan pada suatu kegiatan pada Lembar Kerja secara individual.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Diawali cerita guru tentang masa kecil atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya.

      F Secara bergilir untuk anak yang mempunyai keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada teman-temannya.

      F Siswa lain memberi tanggapan terhadap penampilan temannya.

      F Mengingat kembali hal yang disukai dan yang tidak disukai.

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi alam dan non alam.

      F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi.

      F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll.

      F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.

      F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang ada di sekitar siswa.

      F Menyampaikan alasan mengapa benda / kegiatan tersebut disukai.

      F Menyampaikan alasan mengapa suatu benda/ kegiatan tidak disukai.

      F Membuat kesimpulan bersama – sama, bahwa setiap manusia mempunyai rasa suka atau tidak suka yang tidak sama.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

       Minggu I

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa mengingat kembali pengalaman bermain yang mengesankan sebagai bukti hak anak telah dirasakan.

      F Memberikan beberapa contoh benda yang bergerak karena diberi energi ( gerobak dapat bergerak karena diberi energi melalui dorongan tangan, mobil bergerak karena menggunakan bensin bola masuk gawang  melalui energi tendangan kaki).

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    23

         23 +

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Siswa menceritakan pengalaman bermain bersama teman, adik atau anggota keluarga yang lain.

      F Dengan bimbingan guru siswa mengambil kesimpulan dari setiap pengalaman bermain tersebut sebagai ilmu pengetahuan.

      F Memberikan penghargaan bagi siswa yang baik dalam menyampaikan ceritanya.

      F Melalui pengamatan pada model  dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta bahwa benda dapat bergerak karena diberi tenaga disebut juga energi.

      F Setelah menyebutkan penyebab dari benda bergerak ( ada energi ) siswa dapat menemukan fakta sumber energi dari taip benda bergerak ( makanan sumber energi manusia, bensin sumber energi bagi kendaraan, batu batre sumber energi bagi mobil-mobilan, listrik sumber energi bagi TV radio lemari es dll.)

                                                                   

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis. 22 +

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    15

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.

      F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.

      F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek.

      F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.

      F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.

      F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.

      F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    14

                                                      15 +

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.

      F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.

      F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda panjang .

      F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      F Melalui diskusi kelompok sederhana, siswa menyusun daftar gerak benda dan sumber geraknya.

      F Melaporkan hasil diskusi di hadapan teman-temannya.

      F Memberikan tanggapan positif terhadap hasil diskusi siswa/ temannya.

      F Membuat kesimpulan bersama.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Memperhatikan penggalan cerita  yang terdiri dari 5– 7 baris  yang ditulis oleh guru di papan tulis.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    16

                                                       32+

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.

      F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.

      F Membaca dengan memperhatikan kata tertentu sesuai tema..

      F Mencari arti kata yang diberi tanda khusus.

      F Membuat kaliamt dari kata yang mempunyai arti khusus.

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa  Indonesia)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Menyimak puisi yang dibagikan kepada siswadari syair lagu anak-anak.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    17

                                   

                         22 +

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      F Membaca puisi dengan intonasi dan lafal yang baik dengan bimbingan guru secara klasikal.

      F Membacakan puisi di depan kelas.

      F Memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  ( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    

            Indonesia, IPS )

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.

      F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah.

      F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.

      F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.

      F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.

      F Mengingat kembali puisi yang telah dihapalkan bersama.

      F Mendeklamasikan di depan kelas tanpa membawa catatan.

      F Mengekspresikan  dalam gerak dan mimic yang sesuai dan wajar.

      F Memberi penilaian terhadap siswa yang telah berani dan hafal puisi tersebut.

      F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.

      F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Minggu ke 3

            Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Setelah siswa menyebutkan dan menjelaskan teori sumber energi gerak, siswa melakukan peragaan langsung untuk membuktikan adanya sumber energi gerak .

      F Menjelaskan sikap yang harus dilakukan  ketika mendapatkan kesulitan dalam pelajaran atau hal lain, baik di sekolah, di rumah atau di tepat lain.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      23 = …….+ ……

                                                          23 = ……..+ …… +

                                                        =  ……..+ ………

                                                        = ………

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Memperagakan batere yang dimasukan ke dalam mobil-mobilan, dan akhirnya mobil-mobilan dapat bergerak, lalu batere di buka kembali siswa dapat membuktikan mobil-mobilan tidak dapat bergerak.

      F Melakukan peragaan melalui pegas/per dengan cara pulpen yang menggunakan pegas dibuka per/ pegasnya, dan dapat melihat akibatnya. Per/ pegas dimasukkan kembali ke dalam pulpen dan dapat melihat perubahannya. Melihat jungkat-jungkit yang biasa dipakai bermain, jungkai-jungkit dapat bergerak bila di bawahnya ada pegas/ per. Tapi bila pegas/per di ambil apa yang terjadi ?

      F Membuat kesimpulan sementara bersama-sama.

      F Melalui diskusi sederhana dalam kelompok dan pengalaman , siswa menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan di sekolah mau pun di rumah.

      F Menjelaskan dan melaporkan hasil diskusi.

      F Memberi tanggapan terhadap hasil diskusi teman/ siswa dengan memberikan tepuk tangan.

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

       

       

       

            Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Memperhatiakn kalimat yang ditulis guru di papan tulis.

      F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunkan huruf besar ( kapital).

      F Membaca tiap kalimat dengan suara nyaring.

      F Menyalin kalimat dari huruf lepasa ke dalam huruf lepas terlebih dahulu.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      23 = …….+ ……

                                                          15 = ……..+ …… +

                                                        =  ……..+ ………

                                                        = ………

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.

      F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.

      F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Membaca kalimat yang telah disalin, untuk memeriksa kesalahan dan kekurangannya.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      32 = …….+ ……

                                                          11= ……..+ …… +

                                                        =  ……..+ ………

                                                        = ………

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Menyalin kalimat dari huruf lepas ke dalam huruf tegak bersambung.

      F Memberi tanda huruf yang menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama orang, nama bulan )

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      F Melalui dorongan tangan mencari bukti bahwa  meja, kursi dan benda lainnya dapat bergerak,

      F Melakukan percobaan dengan magnet dan benda benda dari besi, kaca, kayu kertas.

      F Menyusun daftar benda yang dapat ditarik oleh magnet.

      F Mengerjakan LKS.

      F Melaporkan hasil kerja kelompok.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Menyimak kalimat  yang didiktekan guru.

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      33 = …….+ ……

                                                          11= ……..+ …… +

                                                        =  ……..+ ………

                                                        = ………

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Mengucapkannya bersama-sama agar tepat dengan penulisannya.

      F Menuliskan kalimat  (dengan menggunakan tulisan tegak bersambung) yang didiktekan setelah ada aba-aba dari guru.

      F Membaca kalimat yang telah ditulis agar sesuai dengan kalimat yang diucapkan guru.

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      17 = …….+ ……

                                                          12 = ……..+ …… +

                                                        =  ……..+ ………

                                                        = ………

      F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.

      F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.

      F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)

      F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.

      F Mengerjakan soal-soal latihan

      F Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.

      F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

            Pertemuan ke enam  3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan,

            Bahasa Indonesia).

      • § Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

      F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.

      F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.

      F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.

      • § Elaborasi

      Dalam kegiatan elaborasi, guru:

      F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.

      F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu

      F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.

      F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.

      F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.

      F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah

      F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.

      F Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.

      F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan

      • § Konfirmasi

       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

      F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

      F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

       

      C.  Kegiatan akhir

      Dalam kegiatan akhir, guru:

      F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.

      F Melakukan tanya jawab dengan pemberian reeward.

      F Mengerjakan post tes

      F Pemberian PR / tugas

      F Memberikan  pujian sebagai motivasi bagi siswa yang telah aktif dalam kegiatan belajar.

       

      VIII.  Alat dan Sumber Belajar

      • Buku Sumber :

      F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

      F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

      F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

      F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

      F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

      F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

       

      • Alat Peraga  :

      F Aneka benda yang berbeda bentuk .

      F Gambar anak yang sedang berada di rumah, di sekolah..

      F Kartu huruf

      F Kartu bilangan.

      F Puisi anak yang ditulis/dicetak pada kertas untuk dibagikan.

      F Alat musik sederhana rebana, bel, botol, gelas, sendok, dll.

      F Gambar/ model alat pertanian, pertukangan, dan alat memasak.

       

      IX.    Penilaian

      Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

      Indikator Pencapaian Kompetensi

      Penilaian

      Teknik

      Bentuk

       Instrumen

      Contoh

      Instrumen

      1. 1.      IPS :
      • Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
      • Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.
      1. 2.      IPA :
      • Memperagakan cara menggerakkan benda
      • Menyebutkan bentuk gerak.
      • Menjelaskan penyebab gerak.
      • Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.
      1. 3.      PKN :
      • Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
      • Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
      • Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
      • Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan.
      1. 4.      Matematika :
      • Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
      • Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
      • Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
      • Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
      • Penjumlahan secara bersusun panjang.
      1. 5.      Bahasa Indonesia :
      • Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
      • Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
      • Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
      • Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
      • Menyebutkan tokoh dalam dongeng
      • Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
      • Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
      • Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
      • Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
      • Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
      • Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      • Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
      • Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
      •  Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
      • Membaca kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
      • Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
      • Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
      • Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
      1. 6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
      • Menentukan sumber bunyi.
      • Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
      • Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.

       

       

      Tes lisan Tes tertulis

       

       

      Uraian

      isian

      1. 1.      IPS :
      • Sebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
      • Sebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.
      1. 2.      IPA :
      • Peragakan cara menggerakkan benda
      • Sebutkan bentuk gerak.
      • Jelaskan penyebab gerak.
      • Tunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.
      1. 3.      PKN :
      • Jelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
      • Ceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
      • Sebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
      • Beranikanlah bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan.
      1. 4.      Matematika :
      • Tuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
      • Tentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
      • Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
      • Bagaimana cara Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
      • Bagaimana cara Penjumlahan secara bersusun panjang.
      1. 5.      Bahasa Indonesia :
      • Bagaimana cara Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
      • Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
      • Jelaskanlah benda-benda lain dengan bimbingan guru.
      • Sebutkan tokoh dalam dongeng
      • Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
      • Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
      • Bagaimana cara Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
      • Bagaimana cara Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
      • Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      • Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
      • Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
      • Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
      • Bagaimana cara Membaca kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
      • Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
      • Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
      • Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
      1. 6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
      • Tentukan sumber bunyi.
      • Bedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
      • Bedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.

       

       

      Bentuk Soal / LKS

      IPS

      Nama kelompok     :

      Anggota kelompok :

      1. ……………….
      2. ……………….
      3. ……………….
      4. ……………….
      5. ……………….

       

      Ayo isi bersama-sama daftar di bawah ini, kalian boleh bertanya pada siapa saja !

      Bertanyalah dengan sopan !

      NO

      Peristiwa menyenangkan

      Peristiwa tidak menyenangkan

      1

      ………………………………

      ………………………………………….

      2

      ………………………………

      ……………………………………………

      3

      ………………………………

      ……………………………………………

      4

      ………………………………

      …………………………………………..

      5

      ……………………………..

      …………………………………………..

       

      IPA

      Setelah kalian melakukan percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !

      No

      Benda

      Dapat bergerak bila

      1

      bola

      digelindingkan

      2

      meja

      …………………

      3

      kursi

      …………………

      4

      botol

      …………………

      5

      mobil-mobilan

      …………………

      6

      kelereng

      ………………..

      7

      batu

      ……………….

      8

      ember

      ……………….

      9

      paku

      ……………….

      10

      buku

      ………………..

      Nama kelompok     :

      Anggota kelompok :

      1……………….

      2……………….

      3……………….

      4……………….

            5……………….

       

      Latihan Matematika

      Selesaikan soal di bawah ini dengan teliti.

      I.  Cari hasil penjumlahannya !

       

      1. 21 + 13 = ………..                                 
      2. 22 + 21 = ……….
      3. 31 + 12 =………..
      4. 15 + 13 = ………
      5. 25 + 12 = ………
      6. 31 + 13 = ………..
      7. 25 + 21 = ……….
      8. 21 + 12 =………..
      9. 25 + 13 = ………
      10. 27 + 12 = ………
      11. 24                               27                          23                 33                       13

      21+                             21+                        15+               14+                      31+

                  …..                               …..                         …..                ……                      …..

       

      1.  25                              24                          33                 31                       15

       11+                            11+                        14+               13+                      21+

                  …..                               …..                         …..                ……                      …..

       

      X. Kriteria Penilaian      

      1. Produk ( hasil diskusi )

      No.

      Aspek

      Kriteria

      Skor

      1.

      Konsep

      * semua benar

      * sebagian besar benar

      * sebagian kecil benar

      * semua salah

      4

      3

      2

      1

       

       2. Performansi

      No.

      Aspek

      Kriteria

      Skor

      1.

       

       

       

      2.

      Kerjasama

       

       

       

      Partisipasi

      * bekerjasama

      * kadang-kadang kerjasama

      * tidak bekerjasama

       

      * aktif  berpartisipasi

      * kadang-kadang aktif

      * tidak aktif

      4

      2

      1

       

      4

      2

      1

       

       3. Lembar Penilaian

      No

      Nama Siswa

      Performan

      Produk

      Jumlah Skor

      Nilai

      Kerjasama

      Partisipasi

      1

       

       

       

       

       

       

      2

       

       

       

       

       

       

      3

       

       

       

       

       

       

      4

       

       

       

       

       

       

      5

       

       

       

       

       

       

      6

       

       

       

       

       

       

      7

       

       

       

       

       

       

      8

       

       

       

       

       

       

      9

       

       

       

       

       

       

      10

       

       

       

       

       

       

      11

       

       

       

       

       

       

      12

       

       

       

       

       

       

      13

       

       

       

       

       

       

      14

       

       

       

       

       

       

      15

       

       

       

       

       

       

      16

       

       

       

       

       

       

      17

       

       

       

       

       

       

      18

       

       

       

       

       

       

      19

       

       

       

       

       

       

      20

       

       

       

       

       

       

       

        CATATAN :

        Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

       

       

       

      Mengetahui

      Kepala MI Miftahul Ulum

       

       

       

       

      Dra. ETIEK JUKHAENI

      NIP  –

       

      Waringinsari Barat, Maret 2012

      Guru Tematik Kelas I

       

       

       

       

      Dra. ETIEK JUKHAENI

      NIP  –

       

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s

      %d bloggers like this: