PLPG IAIN RADEN INTAN LAMPUNG 2012.I : RPP IPA SD.MI BERKARAKTER


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : VI/I (Enam / Satu)
Pertemua Ke : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara cirri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

I. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bebek) dan lingkungan hidupnya
II. Indikator
1. Secara kreatif siswa dapat menggabungkan kartu/gambar hewan yang diberikan
2. Secara kritis siswa dapat menuliskan nama hewan yang diamati
3. Secara cerdas siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri khusus hewan yang diamati
4. Secara kooperatif siswa dapat mendiskusikan lingkungan hidup hewan yang diamati
III. Materi
A. Materi Pokok
Ciri-ciri khusus pada Hewan
B. Uraian Materi
Makhluk hidup memerlukan tempat tinggal yang disebut lingkungan. Setiap makhluk hidup mempunyai lingkungan yang berbeda-beda sesuai cirri-ciri khusus yang dimilikinya. Lingkungan yang sesuai itulah yang menyebabkan ia dapat hidup dengan baik.
1. Hewan kelelawar
Untuk dapat terbang dengan arah yang benar, kelelawar menggunakan system sonar. Sonar berguna memancarkan gelombang suara. Sonar mengeluarkan getaran dari celah kecil dan tipis. Getaran tersebut dapat didengar kembali ketika mengenai benda di depannya dan menghasilkan gelombang pantulan sebagai gema. Gelombang pantulan ditangkap oleh telinga kelelawar sehingga dapat menentukan lokasi mangsanya dan ia dapat menghindari benda yang menghalanginya.

Ciri-ciri Hewan kelelawar :
– Memiliki sonar
– Memiliki selaput kulit yang tipis di antara tulang-tulang lengannya
– Ujung-ujung sayap terdapat ibu jari yang mirip cakar
– Termasuk nocturnal
– Seluruh badannya berbulu
– Mamalia yang bisa terbang

2. Hewan cecak
Ciri-ciri khusus hewan cecak adalah :
– Memiliki alat perekat pada kakinya
– Memiliki lidah yang relative panjang sehungga mudah menangkap mangsanya
– Mempunyai kemampuan memutus ekornya untuk mengelabuhi musuh yang disebut autotomi

3. Hewan bebek
Ciri-ciri khusus hewan bebek adalah :
– Mempunyai kaki berselaput, sehingga memudahkan untuk berenang
– Mempunyai paruh lebar dan dilengkapi dengan selaput yang berguna untuk menyaring makanan yang ada di lumpur
– Memiliki bulu berlapis lilin sehingga tidak basah terkena air
IV. Metode Pembelajaran
– Inquiry,
– Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)

V. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (waktu 10 menit)
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Nilai Karakter
1. Mengucapkan salam
2. Mengecek kehadiran siswa
3. Mengajak berdoa
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Apersepsi : bertanya kepada siswa tentang hewan yang bisa terbang, 1. Menjawab salam
2. Memperhatikan
3. Berdoa
4. Menyimak

5. Menjawab Religious
Tertib
Religious
Ingin tahu

Cermat, cerdas

B. Kegiatan Inti (waktu 50 menit)
B.1 Eksplorasi (waktu 10 menit)
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Nilai Karakter
1. Menjelaskan cirri-ciri khusus hewan kelelawar, cecak, dan bebek
2. Membagi kelas menjadi 3 kelompok
3. Membagi kartu gambar potongan hewan dan kertas kerja siswa 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan guru

2. Berkumpul bersama kelompoknya
3. Mengamati kartu gambar potongan
Ingin tahu

Kebersamaan

Kritis

B.2 Elaborasi (waktu 30 menit)
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Nilai Karakter
1. Meminta masing-masing kelompok siswa untuk mendiskusikan dan menggabungngkan kartu gambar potongan hewan

2. Meminta masing-masing kelompok siswa untuk mendiskusikan dan menuliskan nama hewan yang diamati dari kartu gambar hewan

3. Meminta masing-masing kelompok siswa untuk mengidentifikasi cirri-ciri khusus hewan yang diamati dan lingkungan hidupnya

4. Meminta masing-masing kelompok siswa menyiapkan juru bicaranya untuk mempresentasikan hasil diskusinya

5. Meminta wakil dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

6. Meminta kelompok siswa yang lain untuk menyimak dan mengkritisi

7. Memberi penguatan pada hasil presentasi siswa
1. Berdiskusi menggabungkan kartu gambar hewan yang diterima

2. Berdiskusi dan menuliskan nama hewan yang diamati dari kartu gambar hewan

3. Mengidentifikasi cirri-ciri khusus hewan yang diamati dan lingkungan hidupnya

4. Menyiapkan calon juru bicaranya

5. Mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas

6. Menyimak dan mengkritisi presentasi kelompok lain

7. Memperhatikan Kooperatif
kreatif

Cermat
Kooperatif

Kooperatif
Cerdas
Cermat

Tanggung jawab

Berani mengambil resiko

Kritis
Ingin tahu

Ceria

B.3 Konfirmasi (waktu 5 menit)
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Nilai Karakter
1. Menjawab kepada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui

2. Bersama siswa meluruskan dan mengklarifikasi jika terjadi kesalahan persepsi atau pemahaman 1. Bertanya kepada guru tentang ha-hal yang belum diketahui

2. bersama guru meluruskan pemahaman atau konsep yang mungkin kurang tepat Ingin tahu

Kritis
Cerdas

C. Penutup (waktu 5 menit)
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Nilai Karakter
1. Bersama siswa membuat kesimpulan

2. Memberikan pesan moral tentang ke Maha Kuasaan Allah yang telah menciptakan cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan

3. Memberikan PR

1. Bersama guru menyimpulkan materi pelajaran

2. Menyimak

3. Menerima

Cerdas
Kritis

Religious

Tanggung jawab

VI. Sumber, Media Pembelajaran
1. Buku Paket IPA Kelas VI SD/MI oleh Haryanto Penerbit Erlangga Jakarta
2. Buku LKS IPA Kelas VI Penerbit CV. Ar Rahman Solo
3. Kartu gambar hewan

VII. Penilaian
No Indikator Teknik Bentuk Instrumen
1. Menggabungkan kartu gambar hewan Tes Essay Gabungkan potongan gambar hewan ini menjadi bentuk gambar hewan
2. Menuliskan nama hewan yang diamati Tes Essay Tuliskan nama hewan yang diamati
3. Mengidentifikasi cirri-ciri khusus pada hewan yang diamati Tes Essay Identifikasikan cirri-ciri khusus pada hewan yang diamati
4. Mendiskusikan lingkungan hidup hewan yang diamati
Non-Tes Unjuk kerja Diskusikan mendiskusikan lingkungan hidup hewan yang diamati

Pringsewu, Mei 2012
Mengetahui
Kepala Madrasah

Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP. – Guru Mata Pelajaran

K A B U L
NIP. -

LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk : Kerjakan Secara Kelompok!

Kelompok ………. Anggota :
1. …………………………………
2. …………………………………
3. …………………………………

Amatilah kartu potongan hewan yang Anda terima dan isilah table di bawah ini !
NO NAMA HEWAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI

1.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

2.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

3.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

Kolom Penilaian Paraf
Tertulis Lisan Praktik Guru Orang Tua

LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk : Kerjakan Secara Kelompok!

Kelompok ………. Anggota :
1. …………………………………
2. …………………………………
3. …………………………………

Amatilah kartu potongan hewan yang Anda terima dan isilah table di bawah ini !
NO NAMA HEWAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI

1.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

2.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

3.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

Kolom Penilaian Paraf
Tertulis Lisan Praktik Guru Orang Tua

LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk : Kerjakan Secara Kelompok!

Kelompok ………. Anggota :
1. …………………………………
2. …………………………………
3. …………………………………

Amatilah kartu potongan hewan yang Anda terima dan isilah table di bawah ini !
NO NAMA HEWAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI

1.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

2.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

3.

1. ……………………………………………..……
2. …………………………………………………..
3. …………………………………………………..
4. …………………………………………………..
5. …………………………………………………..
6. …………………………………………………..

Kolom Penilaian Paraf
Tertulis Lisan Praktik Guru Orang Tua

Ciri-ciri Hewan kelelawar :
– Memiliki sonar
– Memiliki selaput kulit yang tipis di antara tulang-tulang lengannya
– Ujung-ujung sayap terdapat ibu jari yang mirip cakar
– Termasuk nocturnal aktif malam hari
– Seluruh badannya berbulu
– Mamalia yang bisa terbang

Ciri-ciri khusus hewan cecak/tokek adalah :
– Memiliki alat perekat pada kakinya
– Memiliki lidah yang relative panjang sehungga mudah menangkap mangsanya
– Mempunyai kemampuan memutus ekornya (autotomi)
– Kemampuan regenerasi (tumbuhnya ekor kembali)

Ciri-ciri khusus hewan bebek adalah :
– Mempunyai kaki berselaput, sehingga memudahkan untuk berenang
– Mempunyai paruh lebar
– Memiliki alat penyaring makanan yang ada di lumpur
– Memiliki bulu berlapis lilin sehingga tidak basah terkena air
Cirri-ciri khusus hewan / ikan lele :
– Mengeluarkan kelenjar cairan (labirin)
– Mampu bertahan di lumpur
– Memiliki alat penusuk (patel)
– Memiliki kumis untuk mendeteksi mangsa
– Memiliki ekor yang lebar
Cirri-ciri khusus burung elang :
– Memiliki sayap lebar
– Memiliki kaki yang kokoh
– Memiliki kuku yang kuat dan tajam
– Paruh yang besar berbentuk bengkok
– Penglihatan yang tajam
Cirri-ciri khusus hewan kucing :
– Memiliki kuku yang tajam
– Penglihatan yang tajam pada malam hari
– Memiliki taring
– Memiliki penciuman yang tajam
– Berbulu tebal dan halus

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: