RPP TEMATI KELAS I “TEMA PENGALAMAN”


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)  Tematik

 

 

Nama Sekolah     :  MIS Miftahul Ulum Waringinsari

Tema                    :  Pengalaman

Kelas/Semester     :  I / 1

Alokasi Waktu     : 3 minggu

 

I. Standar Kompetensi :

1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 

                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        

2. IPA              :  Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

5. Bahasa Indonesia :

  • Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
  • Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan                    perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
  • Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
  • Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi,                                              dan menyalin.
  1. Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari.

 

II. Kompetensi Dasar  :

            1. IPS  :

  • Menceritakan pengalaman
  • Menceritakan kasih sayang  antar anggota keluarga.

 

         2. IPA :

  • Mengenal cara menjaga  lingkungan agar tetap sehat

 

3.  PKN :

  • Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di  rumah maupun di sekolah.

 

4.  Matematika :

  • Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)

 

5. Bahasa Indonesia :

  • Membedakan bunyi bahasa
  • Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi    yang sesuai.
  • Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
  • Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
  • Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
  • Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

 

6.  Seni Budaya dan Keterampilan :

  • Menidentifikasi fungsi   tubuh dalam   melaksanakan gerak di  tempat.
  • Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi  rendah.

 

III. Indikator  :

1. IPS :

  • Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
  • Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
  • Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

 

2. IPA :

  • Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
  • Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
  • Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.

 

3. PKN :

  • Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
  • Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
  • Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.

 

4. Matematika :

  • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
  • Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
  • Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
  • Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
  • Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
  • Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.

 

             5. Bahasa Indonesia.

  • Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
  • Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
  • Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
  • Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
  • Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
  • Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
  • Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
  • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

 

6. Seni Budaya dan Keterampilan. :

  • Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
  • Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
  • Mengidentifikasi gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
  • Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.

 

IV.       Tujuan Pembelajaran**  :

  • Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan..
  • Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
  • Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
  • Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah..
  • Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
  • Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun..
  • Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
  • Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari.
  • Siswa dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas.
  • Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
  • Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
  • Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
  • Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
  • Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
  • Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
  • Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah tempat

 

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

 

V.        Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :

  • Peristiwa masa kecil
  • Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
  • Hidup rukun dalam perbedaan.
  • Satuan pengukuran.
  • Pengucapan bunyi
  • Puisi anak
  • Membaca nyaring.
  • Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
  • Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi iringan tari..

 

VI.       Metoda Pembelajaran :

  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.

 

VII. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :

Apresepsi/ Motivasi :

  • Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
  • Mengumpulkan tugas/ PR
  • Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.

 

B. Kegiatan inti   :

      Minggu I

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mengamati dua gambar rumah yang bersih dan kotor.

F Menyatakan pendapatnya  tentang gambar yang ditampilkan.

F Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada pagi hari.

F Menjelaskan sikap yang dapat menjaga kerukunan dalam keluarga.

F Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat menghancurkan kerukunan.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Membedakan dan memilih gambar mana yang disukai.

F Melalui cerita yang disampaikan guru siswa termotivasi untuk menjelaskan cara membersihkan rumah.

F Menyebutkan keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah.

F Melalui model/ gambar yang menceritakan hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.

F Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan anak-anak pada pagi hari.

F Mengisi tabel kegiatan.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Melalui alat, siswa mendengarkan suara binatang.

F Melalui motivasi guru, siswa mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan.

F Menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang diabadikan melalui foto.

F Menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak.

F Menjelaskan kegiatan yang dilakukanorang tua pada siang hari.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan nama binatang yang ditiru suaranya.

F Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.

F Memberikan pendapat pada cerita yang disampaikan.

F Membuat tabel kegiatan.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melalui tiruan suara binatang, siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang yang ditiru suaranya.

F Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.

F Menyususuntabel kegiatan.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mealui motivasi guru siswa dapat mendeklamasikan lagu anak.

F Mendeklamasikan lagu anak tanpa melihat catatan.

F Mendeklamasikan lagu anak secara klasikal.

F Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nam –nama hari secara berurut.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan pada tiap-tiap hari.

F Menjelaskan kegiatan sekoalh pada hari-hari tertentu.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mendeklamasikan  lagu anak dengan suara nyaring secara individual.

F Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu tersebut.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Membuat daftar kegiatan siswa  setiap hari.

F Menyusun rencana kegiatan pada hari-hari tertentu.

F Mengerjakan soal latihan.

F Mmeberikan pendapat ketika temannya berdeklamasi.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    

      Indonesia)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menceritakan isi puisi / deklamasi.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memperagakan gerakan melompat, pada gerakan tari yang diiring tepukan.

F Memperagakan gerakan melenggang pada gerakan tari yang diiringi tepukan.

F Memperagakan gerakan melangkahkan kaki pada gerakan tari yang diiringi tepukan

F Melakukan tanya jawab tentang deklamsi tersebut.

F Membuat kesimpulan tentang isi puisi/ lgu yang dideklamasikan.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Minggu  ke 2

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menjelaskan kerugian bila kita tidak rukun dengan anggota keluarga atau teman.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melalui contoh peragaan membersihkan kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat dari membersihkan sekolah.

F Memperagakan cara membersihkan kelas.

F Menyebutkan bagian kelas yang dapat dibersihkan.

F Setelah mendengarkan cerita dalam gambar, siswa membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.

F Mendiskusikan sikap yang baik agar tetap terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

F Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.

F Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk mennyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah.

F Mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika temannya bercerita.

F Melalui pengalaman, siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada yang menggantikannya.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

F Menyebutkan sikap yang terpuji seorang anak kepada orang tuanya.

F Mengucapkan doa yang khusus untuk orang tua.

F Menyusun kegiatan, peristiwa pada tiap bulannya.

F Menuliskan nama bulan kelahiran temannya.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mengamati kartu huruf yang sudah dipelajari dan dirangkai menjadi kata.

F Membacanya dengan suara nyaring.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyusun huruf tambahan y,g,j dengan huruf yang sudah dipelajari.

F Membuat kata yang baru, yang disusun dari huruf lama dan huruf baru.

F Membaca susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana.

F Menyebutkan nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan ke dua belas tanpa ada yang terlewat.

F Menyebutkan jumlah hari pada tiap bulannya.

F Menyebutkan nama bulan yang jumlahnya 30 hari.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Membaca dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan tulis.

F Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Membuat kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari.

F Melalui pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.

F Menyebutkan macam-macam jam yang dikela siswa.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Membaca kalimat  yang didiktekan guru dengan suara yang nyaring dan lafal yang benar.

F Membaca kaliamt yang didiktekan secara klasikal dan individual.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mengamati jam analog yang mempunyai jarum detik, menit dan jam.

F Mengamati angka yang tertera pada jam.

F Mengamati perputaran jarum jam pada tiap deti, menit dan jam.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    

      Indonesia)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas dan sambung.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memperagakan gerakan-gerakan tiruan  kupu kupu sambil diiringi lagu.

F Memperagakan grakan –gerakan tiruan burung sedang terbang sambil diiringi lagu.

F Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, l ,g, j, dan y

F Menjiplak dan menebalkan suku katadan  kata

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

 

Minggu  ke 3

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Membaca tanda waktu yang ditunjukkan denganjarum jam analog.

F Membaca jarum jam secara individual dan klasikal.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Setelah menyampaikan berbagai penjelasan, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah.

F Membubuhkan jarum jam pada gambar jam.

F Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga kasih sayang dan saling menghormati.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana  dari papan tulis atau buku  dengan tulisan lepas yang rapi dan terbaca.

F Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana  dari papan tulis atau buku  dengan tulisan sambung yang rapi dan bentuk huruf yang benar.

F Menceritakan tentang kasih sayang antara anggota keluarga .

F Menyebutkan bukti-bukti kasih sayang mereka kepada kita.

F Menggambar jam sesuai denga kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar.

F Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek 

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Menggambar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.

F Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf sambung.

F Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang ditukis oleh guru.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah .

F Membaca jam dengan menggunakan model jam analog.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.

F Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum panjang  dengan tepat.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar .

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menggambar jam dengantepa dalam peletakan jarum pendek dan jarum panjang.

F Membuat jam mainan yang dapat digunakan untuk model.

F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

 

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    

      Indonesia)

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memperagakan gerakan tiruan bunga yang bergoyang sambil diiring musik

F Mmperagakan gerakan tiruan pohon bergoyang sambil diiringi musik.

F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.

  • § Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

C.  Kegiatan akhir

Dalam kegiatan akhir, guru:

F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.

F Mengerjakan post tes

F Pemberian PR / tugas

 

VIII.  Alat dan Sumber Belajar

     Buku Sumber :

    1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

 

Alat Peraga  :

F Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..

F Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.

F Kartu huruf, kartu kata, kalimat

F gambar dan model jam analog.

F selendang, rebana.

F Gambar alat kebersihan..

 

 

IX.  Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

  1. 1.      IPS :
  • Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
  • Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
  • Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

 

  1. 2.      IPA :
  • Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
  • Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
  • Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.

 

  1. 3.      PKN :
  • Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
  • Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
  • Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.

 

  1. 4.      Matematika :
  • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
  • Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
  • Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
  • Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
  • Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
  • Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.

 

  1. 5.      Bahasa Indonesia.
  • Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
  • Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
  • Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
  • Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
  • Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
  • Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
  • Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
  • Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  •    Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

 

  1. 6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
  • Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
  • Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
  • Mengidentifikasi gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
  • Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.

 

 

Tes lisan Tes tertulis

 

 

Uraian

isian

  1. 1.      IPS :
  • Ceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
  • Jelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
  • Ceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

 

  1. 2.      IPA :
  • Jelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
  • lakukanlah perawatan kebersihan di sekolah.
  • Sebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.

 

  1. 3.      PKN :
  • Ceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
  • Bandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
  • Jelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.

 

  1. 4.      Matematika :
  • Sebutkanlah contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
  • Sebutkanlah mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
  • Sebutkanlah Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
  • Jelaskanlah membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
  • Gambarkanlah  jam sesuai dengan kegiatan
  • Tentukanlah  letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.

 

  1. 5.      Bahasa Indonesia.
  • Bedakanlah berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
  • Sebutkanlah puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
  • Bagaimana cara mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
  • Bagaimana cara Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
  • Bagaimana cara Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
  • Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
  • Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
  • Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
  • Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  • Bagaimana cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

 

  1. 6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
  • Sebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
  • Jelaskanlah  gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
  • Jelaskanlah  gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
  • Jelaskanlah  gerak tiruan tumbuhan.

 

  • LKS
  • Lmbar observasi.

 

X. Kriteria Penilaian      

1. Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 2. Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Kerjasama

 

 

 

Partisipasi

* bekerjasama

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

 

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

4

2

1

 

4

2

1

 

 3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

18

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

  CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

 

Mengetahui

Kepala MI Miftahul Ulum

 

 

 

 

Dra. ETIEK JUKHAENI

NIP  -

 

Waringinsari Barat,  Desember 2011

Guru Tematik Kelas I

 

 

 

 

Dra. ETIEK JUKHAENI

NIP  -

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: