Skripsi PTK Menulis Huruf Hijaiyah


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA
DIDIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM
WARINGINSARI BARAT KECAMATAN SUKOHARJO
PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah

OLEH :

ABADI KURNIAWAN
NPM : 09-11-01-1026

Jurusan : Pendidikan Agama Islam / PGMI

Pembimbing I : Dra. ISTIHANA, M.Pd.
Pembimbing II : Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.

PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M.
ABSTRAK

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam. Bentuk atau jenis tulisan dalam mushaf al Quran adalah menggunakan huruf Arab. Oleh katrena itu dalam mempelajari Al Quran sesuai dengan Standar Kompetensinya adalah mampu menulis dan membaca huruf Arab atau huruf hijaiyah. Pembelajaran ini akan lebih mengena apabila dimulai dari masa kanak-kanak, Dengan demikian pengenalan huruf Arab (Hijaiyah) bagi orang Islam merupakan suatu kewajiban., Logikanya mustahil seseorang mengusasai ilmu agam Islam kalau dia tidak menguasai huruf hijaiyah baik membaca maupun menulisnya. Sementara itu dalam kenyatan di sekolah sering terjadi keteledoran dalam penguasan kemampuan menulis huruf hijaiyah ini.
Dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis huruf hijaiyah inilah maka penulis merasa tertantatang untuk mencari jalan keluar yang terbaik dalam memecahkan masalah klesulitan yang dihadapai guru membelajarkan siswanya supaya mempunyai keranpilan yang baik dalam menulis huruf hujaiyah. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian ini. Bagi anak-anak pembelajaran yang paling memungkinkan mudah dipahami adalah dengan metode demonstrasi.
Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran menulis huruf hijaiyah di kelas II MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Pringsewu dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi dan tes praktek atau unjuk kerja selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan sejak pertemuan pra siklus dan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf hijaiyah peserta didik kelas II MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu. Ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes prestasi kemampuan menulis huruf hijaiyah yang ditinjau dari aspek materi ketepatan dan kerapihan serta observasi keaktifan siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan kemampuan siswa pada pra siklus yaitu 63,33% meningkat menjadi 70,83% pada siklus I dan 79,79% pada siklus II.
Dari hasil penelitian tersebut dapat ditegaskan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar menulis huruf hijaiyah peserta didik kelas II MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu

KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PERSETUJUAN
Judul Skripsi : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nama Mahasiswa : ABADI KURNIAWAN
NPM : 0911011026
Jurusan : PGMI / PAI
Fakultas : Tarbiyah

MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung

Pembimbing I Pembimbing II

Dra. ISTIHANA, M.Pd.
NIP. 196007041992032002

Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611109 199003 1003

Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah

Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.
NIP. 19560611 198803 1001
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PENGESAHAN
Skripsi dengan judul : “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012”, disusun oleh : ABADI KURNIAWAN, NPM : 0911011026, Jurusan : Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, telah diujikan dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah pada Hari / Tanggal :

TIM PENGUJI

Ketua : (……………………)
Sekretaris : (……………………)
Penguji I : (……………………)
Penguji II : (……………………)

Dekan Fakultas Tarbiyah

Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611109199003 1 003
MOTTO

         
Artinya : niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.(QS Al Mujadalah :11).

PERSEMBAHAN

Ku persembahkan Skripsi ini kepada:
1. Ayahandaku (Rohani) Tersayang dan Ibundaku (Supini) tercinta yang senantiasa menyayangiku. membimbingku, dan melindungiku tanpa ada kata lelah, letih dan bosan,
2. Istriku (Badriyah) Tersayang yang selalu setia mendampingi dan memotivasiku dalam semua suka dukaku, serta memberikan kedamaian dalam hidupku
3. Kakak-kakakku dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
4. Almamaterku IAIN Raden Intan Lampung
5. Buah hatiku yang manis kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….

RIWAYAT HIDUP

Abadi Kurniawan, dilahirkan di Waringinsari, pada tanggal 12 April 1980. Anak ke tujuh dari tujuh bersaudara dari pasangan Ayah Rohani dan ibu Supini. Pendidikan dasar ditempuh di SDM Waringinsari Kec. Sukoiharjo lulus pada tahun 1993. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di SMP M Waringinsari Pringsewu lulus pada tahun1996. dan Sekolah Menengah Atas di SMEA M Kalirejo lulus pada tahun 1999.

Penulis telah menyelesaikan studi D-2 di Universitas Terbuka UPBJJ Bandar Lampung lulus pada tahun 2008, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1 PAI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung angkatan 2009 melalui Program Dual Mode system (DMS).

KATA PENGANTAR

   

Syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat, rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama Islam, dan pemilihan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Menulis Huruf HIjaiyah pada peserta didik Kelas II MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012” dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar menulis huruf hijaiyah peserta didik melalui metode demonstrasi Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits

Selanjutnya, penulis menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:

1. Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2. Bapak Dr. Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3. Ibu Dra. Istihana, M.Pd., dan Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4. Ibu Dra. Etiek Jukhaeni selaku Kepala MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5. Segenap Dewan Guru MI MIftahul Ulum Waringinsari Barat yang telah memberikan dukungan dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6. Ayah dan Ibu tercinta serta Istriku tersayang yang selalu mendoakan akan kesuksesanku.
7. Kakak-kakakku dan adik-adikku serta sahabat-sahabatku dan semua teman dari jurusan PAI maupun dari jurusan lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya Rabbal ‘Alamin.

Pringsewu, 26 Februari 2012
Penulis,

ABADI KURNIAWAN
NPM. 0911011026

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………….…………
ABSTRAK ……………………………………………………………………….
PERSETUJUAN PEMBIMBING ……………………………………….….…
PENGESAHAN …………………………………………………………………
MOTTO ………………………………………………………………………….
PERSEMBAHAN ………………………………………………………………
RIWAYAT HIDUP ……………………………………………………………..
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….
DAFTAR ISI …………………………………………………………………….
DAFTAR TABEL ………………………………………………………………
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………………
DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………… i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xvi
xvii

BAB I : PENDAHULUAN
A. Penegasan Judul ……………………………….…………… 1
B. Alasan Memilih Judul ………………………………..……… 4
C. Latar Belakang Masalah …………………………………… 5
D. Rumusan Masalah ………………………………….……… 10
E. Tujuan dan Kegunan Penelitian ……………………….…… 11
F. Metodologi Penelitian ………………………………….…… 12

BAB II : LANDASAN TEORI
A. Konsep Belajar Menulis Huruf Hijaiyah ………………..…. 23
1. Pengertian Belajar ………………………….………….. 23
2. . Pengertian Prestasi Belajar Menulis Huruf Hijaiyah … 25
a. Pengertian Prestasi Belajar …………………………. 25
b. Menulis Huruf Hijaiyah …………………………….. 26
B. Penerapan Metode Demonstrasi …………………………… 43
1. Pengertian Metode Demonstrasi …………………..….. 43
2. Langkah-langkah Menggunakan Metode Demonstrasi… 45
3. Pelaksanaan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Al Quran Hadits ………………………………………….. 48
4. Kelebihan dan Kekurangan Metode Demonstrasi……… 49
C. Pembelajaran Al Quran Hadits Madrasah Ibtidaiyah ……… 51
1. Pengertian Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah Ibtidaiyah …………………………………… 51
2. Tujuan Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah Ibtidaiyah …………………………………………….… 52
3. Ruang Lingkup Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah Ibtidaiyah ………………….………….…….. 53
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ………………. 54

BAB III : PENYAJIAN DATA LAPANGAN
A. Latar Belakang Obyek Penelitian …………………………. 55
1. Identitas Madrasah …………………………….……… 55
2. Sejarah Berdirinya MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu ……………………………………….. 56
3. Letak Geografis ……………………………..………… 57
4. Visi dan Misi …………………………….…………… 59
5. Struktur Organisasi ……………………………..…….. 60
6. Keadaan Guru, Karyawan dan Peserta didik ………… 60
7. Sarana dan Prasarana …………………….…………… 62
8. Kegiatan Pembelajaran ……………………………….. 64
9. Kegiatan Ekstrakurikuler ……………….…………….. 65
B. Penyajian Data Lapangan …………………………….. 65
C. Paparan Data dan Temuan Penelitian ……………………… 72
1. Paparan Data Siklus I …………………………………. 72
2. Paparan Data Siklus II …………………………..……. 85

BAB IV : PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
A. Pengolahan Data …………………………………………… 100
1. Pengolahan Data Hasil Pre Test ……………………….. 101
2. Pengolahan Data Siklus I ……………………………… 101
3. Pengolahan Data Siklus II …………………………….. 102
B. Temuan Penelitian …………………………………..………… 104
1. Temuan Siklus I …………………………………..…… 104
2. Temuan Siklus II ……………..……………………….. 105
C. Analisa Data ……………………………………….……… 105

BAB V : KESIMPULAN DAN PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………………… 112
B. Saran ……………………………………………….………. 112

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
Tabel 1 : Survai Prestasi Belajar Menulis Huruf Hijaiyah Siwa Kelas II
Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun 2011/2012 ……………………………………………… 8

Tabel 2 : Kriteria Penilaian Perolehan Peserta Didik ………………………………………………………………… 19

Tabel 3 : Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas II Madrasah Ibtidaiyah ………………………… 54

Tabel 4 : Keadaan Guru MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu Tahun 2011/2012 ………… 61

Tabel 5 : Keadaan Siswa MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu Tahun 2011/2012 ………… 62

Tabel 6 : Data Ruang MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu 2011/2012 ………………… 63

Tabel 7 : Data Sanitasi Air Bersih MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu 2011/2012 …………. 63

Tabel 8 : Data Peralatan Kantor MIS Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Pringsewu 2011/2012 ………………… 64

Tabel 9 : Lembar Penilaian Prestasi Peserta Didik Belajar Menulis Huruf Hijaiyah Pra Siklus …………………………………………… 68

Tabel 10 : Lembar Penilaian Prestasi Peserta Didik Belajar Menulis Huruf Hijaiyah
Siklus I ………………………………………………………… 77

Tabel 11 : Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta didik MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Siklus I … 80

Tabel 12 : Format Lembar Observasi Aktivitas Guru dalam Penggunaan Metode demonstrasi Pembelajaran Al Quran Hadits Kelas II Siklus I ………………………………………………………… 83

Tabel 13 : Lembar Penilaian Prestasi Peserta Didik Belajar Menulis Huruf Hijaiyah
Siklus II ………………………………………………………… 90

Tabel 14 : Lembar Observasi Aktivitas Belajar Peserta didik MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 Siklus …… 93

Tabel 15 Format Lembar Observasi Aktivitas Guru dalam Penggunaan Metode demonstrasi Pembelajaran Al Quran Hadits Kelas II Siklus II ………………………………………………………… 96

Tabel 16 Perbandingan Hasil Penilain Menulis Huruf Hijaiyah Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Al Quran Hadits MI Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2011/2012… 107

Tabel 17 Peningkatan Hasil Tes Menulis Huruf Hijaiyah Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Al Quran Hadits MI Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2011/2012 ………. 108

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 : Langkah-langkah PTK Model Spiral dari Kemmis dan Taggart ………………. …………………………………… 13
Gambar 2 : Letak Geografis Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu ………………………………………………… 58

DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Surat Ijin Penelitian
2. Struktur Organisasi MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat
3. Jadwal Kegiatan Penelitian
4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 1
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus 2
6. Kartu Konsultasi

Diposkan Oleh :
Gurumimu.wordpress.com
Email: gurumimu.belajar@gmail.com
Send me : 081369648840

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: