PTK Demonstrasi Praktek Shalat


PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHALAT PESERTA DIDIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH AL KHAIRIYAH WARINGISARI TIMUR
KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat
guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
dalam Ilmu Tarbiyah

OLEH :

ALI NGUSMAN
NPM : 0911010882

Jurusan : PGMI / Pendidikan Agama Islam

Pembimbing I : Dra. Hj. ETI HADIATI, M.Pd.
Pembimbing II : Dra. CHAIRUL AMRIYAH, M.Pd.

PROGRAM DUAL MODE SISTEM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1433 H. / 2012 M
ABSTRAK

Shalat merupakan ibadah yang paling pokok bagi setiap muslim. Tujuan shalat adalah untuk sarana mengingat Allah SWT., Shalat yang dijalankan oleh kaum muslim haruslah memperhatikan tata cara, syarat rukun, serta kaidah-kaidah lain yang harus dipenuhinya. Seperti khusyu, tawadhu’, tadhorru’ dan berserah diri secara total bahwa hidup dan mati hanyalah milik Allah. Dalam upaya menciptakan kondisi setiap muslim yang yang mampu menegakkan shalat dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. perlu adanya pembelajaran sejak usia kanak-kanak dan di bangku sekolah, dengan harapan keterampilan shalat yang sudah dikuasainya sejak kecil mampu dipertahankan sampai kelak ia dewasa. Bagi anak-anak pembelajaran yang paling memungkinkan mudah dipahami adalah dengan metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan proses tertentu
Tujuan penelitian ini adalah untuk menningkatkan kemampuan peserta didik pada pembelajaran praktek shalat di kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Pringsewu. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Pringsewu dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan sejak pertemuan pra siklus dan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan praktek shalat peserta didik kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Pringsewu. Ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes prestasi kemampuan praktek shalat yang ditinjau dari aspek materi hafalannya dengan gerakan shalat serta observasi keaktifan siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan kesadaran siswa pada pra siklus yaitu 60,27% meningkat menjadi 70,56% pada siklus I dan 81,94% pada siklus II.
Dari hasil penelitian tersebut dapat ditegaskan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kekmampuan praktek shalat peserta didik kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Pringsewu. . Hal ini tampak dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal seperti yang dipaparkan di atas. Adanya variasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat diperlukan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya metode demonatrasi siswa menjadi tertarik dengan pembelajaran dan aktif mengikuti pembelajaran.

KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PERSETUJUAN
Judul Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHALAT PESERTA DIDIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH AL KHAIRIYAH WARINGISARI TIMUR KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nama Mahasiswa : ALI NGUSMAN
NPM : 0911010882
Jurusan : PGMI / PAI
Fakultas : Tarbiyah

MENYETUJUI
Untuk dimunaqasahkan dalam Sidang Munaqasah
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Bandar Lampung

Pembimbing I Pembimbing II

Dra. Hj. ETI HADIATI, M.Pd.
NIP. 19640711 199103 2003

Dta. CHAIRUL AMRIYAH, M.Pd.
NIP. 19681020 198912 1001

Mengetahui
Ketua Program Dual Mode System
Fakultas Tarbiyah

Dr. H. SULTHAN SYAHRIL, M.A.
NIP. 19560611 198803 1001
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH
Alamat : Jl. Let.Kol. H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung Telp. (0721) 703260

PENGESAHAN
Skripsi dengan judul : “PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHALAT PESERTA DIDIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH AL KHAIRIYAH WARINGISARI TIMUR KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012”, disusun oleh : ALI NGUSMAN, NPM : 0911010882, Jurusan : Pendidikan Agama Islam/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, telah diujikan dalam siding Munaqasyah Fakultas Tarbiyah pada :
Hari / Tanggal :

TIM PENGUJI

Ketua : (……………………)
Sekretaris : (……………………)
Penguji I : (……………………)
Penguji II : (……………………)

Dekan Fakultas Tarbiyah

Prof. Dr. H. SYAIFUL ANWAR, M.Pd.
NIP. 19611109199003 1 003

MOTTO

       
   
Artinya : Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat aku.

PERSEMBAHAN

Ku persembahkan Skripsi ini kepada:
1. Ayahandaku (Karsidi) Tersayang dan Ibundaku (Sarimi) tercinta yang senantiasa menyayangiku. membimbingku, dan melindungiku tanpa ada kata lelah, letih dan bosan,
2. Istriku (Nurkhafifah) Tersayang yang selalu setia mendampingi dan memotivasiku dalam semua suka dukaku, serta memberikan kedamaian dan kehangatan dalam hidupku
3. Buah hatiku yang manis (Fatma Aliya Nurjanah dan Anggun Fadilah Ali) kau Anakku yang ku sayang dan ku banggakan….
4. Kakak-kakakku dan adik-adikku semua yang selalu memberikan dorongan akan keberhasilanku.
5. Teman-temanku semua senasib seperjuangan di MI Al Khairiyah, hanya bisa kuucapkan selamat berjuang dan berkarya untuk yang terbaik…
6. Almamaterku IAIN Raden Intan Lampung

RIWAYAT HIDUP

Ali Ngusman, dilahirkan di Dadirejo, pada tanggal 10 Januari 1975. Anak dari pasangan Ayah Karsidi dan ibu Sarimi. Pendidikan dasar ditempuh di SDN 1 Waringinsari Kec. Adiluwih lulus pada tahun 1989. Pendidikan Menengah Pertama ditempuh di MTs Adiluwih Pringsewu lulus pada tahun1992. dan Sekolah Menengah Atas di MA lulus pada tahun 1995.

Penulis telah menyelesaikan studi D-2 di Universitas Terbuka UPBJJ Bandar Lampung lulus pada tahun 2008, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu pada program S1 PAI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung angkatan 2009 melalui Program Dual Mode system (DMS).

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah, penulis haturkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Penguasa Pemelihara Alam yang tidak pernah berhenti dalam menganugerahkan segala nikmat, rahmat dan Inayah-Nya kepada seluruh hambanya di muka bumi. Atas limpahan rahmat-Nya penulis haturkan sembah sujud karena telah diberi kesempatan untuk merampungkan skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ada dalam penulisan skripsi bukan suatu keluhan bagi penulis, namun dengan kesadaran diri dan introspeksi diri bahwa penulis merupakan hamba Allah yang tidak dapat dipisahkan dari sifat lupa, lemah dan lalai.
Penulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir Program Sarjana (S1) Pendidikan agama Islam, dengan judul “Peningkatan Kemampuan Praktek Shalat Peserta Didik Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Waringisari Timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012” dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan praktek shalat peserta didik melalui metode demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih

Selanjutnya, penulis menyadari bahwa skripsi ini tentu tidak mungkin bisa rampung tanpa bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak tersebut di bawah ini:

1. Bapak Prof. Drs. H. Syaiful Anwar, M.Pd. selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
2. Bapak Dr. Sulthan Syahril, M.A. selaku ketua Program Dual Mode System Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
3. Ibu Dra. Hj. Eti Hadiati, M.Pd., dan Ibu Dra. Chairul Amriyah, M.Pd. selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
4. Bapak Farchan Salimi, S.Pd.I, selaku Kepala MI Al Khairiyah Waringinsari Timur yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di Madrasah tersebut.
5. Segenap Dewan Guru MI Al Khairiyah Waringinsari Timur yang telah memberikan dukungan dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan penelitian.
6. Segenap Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung sebagai almamater kebanggaanku.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia tidak pernah ada kata sempurna, demikian juga dengan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari segenap pembaca dan pemerhati guna penyempurnaan penulisan skripsi ini. Akhirnya penulis mengharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umunya. Amien Ya Rabbal ‘Alamin.

Pringsewu, 16 Februari 2012
Penulis,

ALI NGUSMAN
NPM. 0911010882

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
ABSTRAK …………………………………………………………………..
PERSETUJUAN PEMBIMBING …………………………………………
PENGESAHAN …………………………………………………………….
MOTTO ……………………………………………………………………..
PERSEMBAHAN …………………………………………………………..
RIWAYAT HIDUP …………………………………………………………
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..
DAFTAR TABEL ………………………………………………………….
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………….
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………. i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
xi
xiv
xvi
xvii

BAB I : PENDAHULUAN
A. Penjelasan Judul …………………………………….….. 1
B. Alasan Memilih Judul ………………………………….. 3
C. Latar Belakang Masalah ………………………………… 4
D. Rumusan Masalah .………………………..……………. 10
E. Tujuan dan Kegunaan Penelitian ..……………………… 10
F. Metodologi Penelitian ………………………………….. 11

BAB II : LANDASAN TEORI
A. Konsep Belajar dan Pembelajaran …………………..…. 22
1. Pengertian Belajar dan Pembelajaran ………………… 22
2. Prinsip-prinsip Belajar ……………………………….. 23
3. Teori-teori Belajar …………………………………… 26
4. Pandangan Islam tentang Belajar ……………………. 28
B, Kemampuan Praktek Shalat ……………………………. 30
1. Pengertian Shalat …………………………………….. 30
2. Dasar-dasar Pengamalan Ibadah Shalat …………….. 31
3. Macam-macam Shalat ……………………………….. 32
4. Hikmah Mengerjakan Shalat ………………………… 34
5. Upaya Guru dalam Pembinan Shalat ………………… 36
C. Penerapan Metode Demonstrasi ………………………… 38
1. Pengertian Metode Demonstrasi …………………….. 38
2. Langkah-langkah Menggunakan Metode Demonstrasi. 40
3. Pelaksanaan Metode Demonstrasi …………………… 42
4. Kelebihan dan Kekurangan Metode Demonstrasi …… 44
D. Karakteristik Mata Pelajaran Fiqh MI ………………….. 45
1. Pengerian Mata Pelajaran Fiqih di MI ………………. 45
2. Dasar dan Tujuan Mata Pelajaran Fiqih di MI ………. 45
3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Fiqih di MI ………… 46
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata
Pelajaran Fiqih Kelas II di MI ……………………….
47

BAB III : PENYAJIAN DATA LAPANGAN
A. Latar Belakang Objek Penelitian ….……….…………… 48
1. Sejarah Berdirinya Madrasah ……………………….. 48
2. Keadaan Sarana Prasarana Pendidikan Madrasah
Ibtidaiyah Al-Khairiyah Waringinsari Timur .. ……..
49
3. Keadaan Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al-
Khairiyah Waringinsari Timur ………………………
51
4. Keadaan Guru dan Karyawan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Khairiyah Waringinsari Timur ……………………
52
5. Letak Georafis MI Al-Khairiyah Waringinsari Timur.. 53

B. Penyajian Data Lapangan ………………………………. 55
1. Paparan Data Sebelum Tindakan ……………………. 55
2. Siklus I ………………….…………….……………… 60
3. Siklus II ………………………….…………………… 72

BAB IV : PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
A. Pengolahan Data………………………..………………. 88
B. Temuan Penelitian ….………………………………….. 93
C. Analisa Data ……………………………………………. 94

BAB V : KESIMPULAN DAN PENUTUP
A. Kesimpulan …………………………………………….. 97
B. Saran-saran …………………………………………….. 97

DAFTAR KEPUSTAKAAN …………………………………………………
LAMPIRAN-LAMPIRAN ……………………………………………………

DAFTAR TABEL

Tabel 1 : Survai Prestasi Belajar Fiqih Praktek Shalat Fardlu Peserta Didik Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Tahun 2011/2012 …… 7

Tabel 2 : Klasifikasi Hasil Persentase Skor Prestasi Belajar Peserta didik …………………………………………………………………………. 20

Tabel 3 : Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Kelas II ……………………… 47

Tabel 4 : Daftar Inventaris Olah Raga Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Waringinsari Timur ……………………….. 50

Tabel 5 : Daftar Inventaris Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Waringinsari Timur ………………………………………. 51

Tabel 6 : Keadaan Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Waringinsari Timur Tahun Pelajaran 2010/2011 ………… 52

Tabel 7 : Keadaan Guru Dan Karyawan Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Waringinsari Timur Tahun 2011/2012 …….. 53

Tabel 8 : Format Lembar Pengamatan Gerakan dan Bacaan Shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur 2012 ……………………………………………..…. 57

Tabel 9 : Distribusi Hasil Penilaian Pre Tes Kemampuan Praktik Shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur ……………………………………… 58

Tabel 10 : Distribusi Skor Pre Test Kemampuan Praktik shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur ……………………………………………………… 59

Tabel 11 : Format Lembar Pengamatan Gerakan dan Bacaan Shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur 2012 Siklus I ………………………………………. 64

Tabel 12 : Distribusi Hasil Penilaian Tes Kemampuan Praktik shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Siklus I…………………………………………….. 64

Tabel 13 : Distribusi Skor Test Kemampuan Praktik shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Siklus I …………………………………………….. 67

Tabel 14 : Format Lembar Observasi Aktivitas Guru dalam Penggunaan Metode demonstrasi Pembelajaran Fiqih Kelas II Siklus I ……………………………………………. 69

Tabel 15 : Format Lembar Pengamatan Gerakan dan Bacaan Shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur 2012 Siklus II …………………………………….. 77

Tabel 16 : Distribusi Hasil Penilaian Tes Kemampuan Praktik shalat
Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Siklus II ……………………………………………. 78

Tabel 17 : Distribusi Skor Test Kemampuan Praktik shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Siklus II …………………………………………… 79

Tabel 18 : Distribusi Hasil Penilaian Tes Kemampuan Praktik shalat Peserta Didik Kelas II MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Pra Siklus s.d Siklus II ……………………………. 80

Tabel 19 : Format Lembar Observasi Aktivitas Guru dalam Penggunaan Metode demonstrasi Pembelajaran Fiqih Kelas II Siklus II …………………………………………… 83

Tabel 20 : Perbandingan Hasil Penilain Praktek Shalat Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Fiqih MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Tahun Pelajaran 2011/2012 …………………………………………………. 95

Tabel 21 : Peningkatan Hasil Tes Kemampuan Praktek Shalat Peserta Didik antara Pre Tes, Siklus I, dan Siklus II Mata Pelajaran Fiqih MI Al Khairiyah Waringinsari Timur Tahun Pelajaran 2011/2012 ………………………………………………….. 96

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 : Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Model Lewin .. 13
Gambar 2 : Denah Lokasi MI Al Khairiyah Waringinsari Timur …….. 54

DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Surat Ijin Penelitian
2. Struktur Organisasi MI Al Khairiyah Waringinsari Timur
3. Jadwal Kegiatan Penelitian
4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SiKlus 1
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SiKlus 2
6. Kartu Konsultasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: